Petugas medis beraktivitas di dekat kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang. (Foto: AFP / Kazuhiro NOGI)
Petugas medis beraktivitas di dekat kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang. (Foto: AFP / Kazuhiro NOGI)

Jepang Umumkan Kematian Pertama akibat Virus Korona

Internasional Virus Korona
Willy Haryono • 14 Februari 2020 06:06
Tokyo: Jepang mengumumkan kematian pertama akibat virus korona Covid-19. Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan bahwa kematian pertama Covid-19 di Jepang adalah seorang wanita berusia 80-an tahun yang telah dirawat di rumah sakit sejak 1 Februari.
 
Konfirmasi mengenai adanya virus korona di tubuh pasien diketahui setelah kematiannya.
 
Dilansir dari Guardian, Kamis 13 Februari 2020, wanita lanjut usia itu disebut-sebut sebagai mertua dari seorang sopir taksi yang belakangan terkonfirmasi terjangkit virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas Jepang juga mengonfirmasi dua kasus lainnya, yakni seorang dokter di sebuah rumah sakit di Jepang barat dan pria berusia 20-an tahun di Chiba.
 
Keduanya tidak memiliki catatan pernah mengunjungi Tiongkok atau melakukan kontak dengan warga Negeri Tirai Bambu dalam beberapa pekan terakhir -- pertanda bahwa virus korona Covid-19 sudah menyebar di Negeri Sakura. Total kematian global virus korona Covid-19 telah melampaui 1.300 jiwa.
 
Beberapa jam sebelum kabar kematian perdana, Kato mengatakan ada 44 kasus baru virus korona Covid-19 di kapal pesiar Diamond Princess. Total 218 orang di kapal tersebut terinfeksi Covid-19.
 
Terdapat 78 warga negeri Indonesia yang bekerja sebagai kru di Diamond Princess. Menurut kabar terbaru KBRI Tokyo, mereka semua berada dalam kondisi sehat.
 
Diamond Princess dikarantina sejak tiba di lepas pantai Jepang pada 3 Februari. Karantina dilakukan usai seseorang yang pernah naik ke kapal tersebut dari Hong Kong dinyatakan positif korona.
 
Saat Diamond Princess tiba di Jepang, otoritas setempat memeriksa hampir 300 dari total 3.711 orang di kapal tersebut. Secara bertahap, orang-orang yang dinyatakan positif dikeluarkan dari kapal dan dibawa ke rumah sakit.
 
Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperluas ke orang-orang yang memperlihatkan gejala atau yang pernah melakukan kontak dengan penumpang atau kru terinfeksi korona.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif