Ratu Sirikit pada 2008. (Foto: AFP)
Ratu Sirikit pada 2008. (Foto: AFP)

Jatuh Sakit, Ibu Raja Thailand Dirawat di RS Bangkok

Internasional thailand raja thailand
Willy Haryono • 17 April 2019 11:47
Bangkok: Ibu dari Raja Thailand, Sirikit, dibawa ke salah satu rumah sakit Bangkok usai mengeluhkan gejala penyakit demam. Pernyataan resmi disampaikan Biro Kerajaan Thailand, dikutip dari laman The Straits Times, Rabu 17 April 2019.
 
Sirikit, yang merupakan ratu saat masa kepemimpinan Raja Bhumibol Aduljayed, adalah ibunda dari raja Thailand saat ini, Maha Vajiralongkorn. Raja Bhumibol meninggal dunia pada 2016 setelah berkuasa selama tujuh dekade.
 
Selama ini Ratu Sirikit jarang terlihat di hadapan publik. Namun tahun lalu, Istana Kerajaan Thailand merilis sejumlah foto Ratu Sirikit yang merayakan ulang tahun ke-86 pada 12 Agustus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam serangkaian foto itu, Ratu Sirikit terlihat sedang bersama anak-anaknya, termasuk Raja Vajiralongkorn.
 
Rumah sakit yang merawat Ratu Sirikit adalah RS Chulalongkorn. Menurut keterangan Biro Kerajaan Thailand, demam yang dialami sang ratu dipicu infeksi kandung kemih.
 
Banyak hari libur di Thailand berkutat seputar urusan kerajaan. Hari ulang tahun Ratu Sirikit juga dirayakan sebagai Hari Ibu di Thailand.
 
Februari lalu, salah satu anak dari Ratu Sirikit terjerat kontroversi. Putri Ubolratana, kakak dari Raja Vajiralongkorn, memutuskan ikut serta menjadi kandidat salah satu partai politik dalam pemilihan umum.
 
Raja Vajiralongkorn bergerak cepat dan membatalkan pencalonan kakaknya tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu bertentangan dengan "tradisi dan adat istiadat" kerajaan.
 
Dalam kehidupan di Thailand, setiap ucapan raja dapat disebut sebagai perintah yang tidak dapat dibantah. Usai pernyataan Raja Vajiralongkorn, Partai Thai Raksa Chart membatalkan pencalonan Putri Ubolratana.
 
Baca:Kakak Raja Thailand Resmi Dicoret dari Kandidat PM
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif