Simon Cheng. (Foto: HK FP)
Simon Cheng. (Foto: HK FP)

Keluarga Staf Konsulat Inggris Tuding Tiongkok Sebar Hoaks

Internasional hong kong tiongkok
Sonya Michaella • 23 Agustus 2019 09:54
Hong Kong: Keluarga dari Simon Cheng, staf lokal dari Konsulat Inggris di Hong Kong, menuding media pemerintah Tiongkok menyebarkan hoaks. Mereka memberitakan bahwa Cheng ditahan karena berusaha memesan pelacur di Shenzhen.
 
Tiongkok mengaku menahan Cheng pada 8 Agustus setelah pria itu mengunjungi Shenzhen untuk perjalanan bisnis. Dia ditahan oleh polisi Shenzhen karena melanggar undang-undang keamanan publik dan didenda sebesar 5.000 Yuan.
 
The Global Times, surat kabar yang dikelola pemerintah Tiongkok, menyebut penahanan Cheng disebabkan karena ia memesan pelacur di perbatasan Tiongkok-Hong Kong tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanggapi pemberitaan ini, keluarga Cheng menuduh Tiongkok menyebarkan berita palsu atau hoaks serta menolak pemberitaan itu.
 
Baca:Tiongkok Akui Menahan Staf Konsulat Inggris
 
"Ini adalah berita yang dibuat-buat dan palsu. Pemberitaan ini adalah lelucon," kata seorang anggota keluarga Cheng, dikutip dari AFP, Jumat 23 Agustus 2019.
 
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang menyatakan, staf lokal konsulat ini merupakan warga Hong Kong, bukan warga Inggris.
 
"Izinkan saya mengklarifikasi, staf ini adalah warga negara Hong Kong, dia bukan warga negara Inggris, yang juga mengatakan dia adalah orang Tiongkok," ucap Geng.
 
Geng mengatakan bahwa Cheng telah melanggar Undang-Undang Hukuman Administrasi Keamanan Publik. Undang-undang memiliki ruang lingkup luas yang bertujuan untuk menjaga ketertiban umum di masyarakat’ dan ‘menjaga keamanan publik’ serta memastikan polisi dan pasukan keamanan bertindak dalam hukum.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif