Menlu: TKI Tewas di Penang Bernama Adelina Jemirah

Marcheilla Ariesta 13 Februari 2018 20:22 WIB
tkimalaysia
Menlu: TKI Tewas di Penang Bernama Adelina Jemirah
Menlu Retno Marsudi jelaskan TKI yang tewas disiksa di Penang bernama Adelina Jemirah (Foto: Dok.Kemenlu RI).
Jakarta: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi membeberkan fakta terbaru mengenai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tewas di Penang, Malaysia.

"Jadi setelah kita lacak namanya, banyak sekali pengecekannya, maka ditemukan namanya bukan Adelina Lisao, tetapi Adelina Jemirah," ucap Menlu Retno, di Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

Menlu Retno menjelaskan, Adelina sebenarnya berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Namun dia berangkat ke Penang dari Medan.


Tak hanya itu, paspor milik Adelina dikeluarkan di Blitar.

Menlu Retno menyebutkan saat ini pihak Kemenlu sudah berhasil mengontak keluarganya. "Iya kita sudah bisa kontak dengan keluarganya, keluarganya ayah dan pamannya," terangnya.

Dia mengatakan pemerintah sudah menyampaikan komitmen bahwa akan terus membantu pengurusan kasusnya.

Selain itu, Menlu Retno juga menambahkan, proses post-mortem juga masih dilakukan pihak Malaysia.

"Kita juga sedang upayakan mengenai masalah kompensasi," lanjut dia.

Sejauh ini, ucap Menlu Retno, hal itu merupakan perkembangan terkini dari kasus Adelina. Dia mengaku selama beberapa hari ini pihak Kemenlu berfokus pada pelacakan data korban.

Adelina Jemirah tewas diduga akibat penyiksaan yang dilakukan majikannya. Dia ditemukan tergeletak di kandang anjing sang majikan oleh warga sekitar. Mereka kemudian membawa Adelina ke kantor polisi dan oleh polisi di bawa ke Rumah Sakit Mertajam.

Belum sempat dimintai keterangan, Adelina tewas di rumah sakit tersebut.

Saat ini, tiga orang yang merupakan majikan Adelina sudah ditahan otoritas setempat. Mereka terdiri dari ibu dan dua orang kakak beradik. 



(WAH)