Tiongkok Konfirmasi Penahanan Presiden Interpol
Presiden Interpol Meng Hongwei dalam sebuah acara di Singapura, 4 Juli 2017. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)
Beijing: Tiongkok mengonfirmasi tengah menahan Presiden Agensi Kepolisian Internasional (Interpol) Meng Hongwei yang sempat dinyatakan hilang. Beijing menyebut Meng sedang diselidiki komisi anti-korupsi atas beberapa pelanggaran.

Meng, yang juga menjabat Wakil Menteri Keamanan Publik Tiongkok, dilaporkan hilang usai bertolak dari kota Lyon -- lokasi markas Interpol -- menuju Tiongkok pada 25 September.

Baca: Interpol Desak Tiongkok Klarifikasi Status Meng Hongwei


Seperti dikutip dari BBC, Senin 8 Oktober 2018, Interpol mengaku telah menerima surat pengunduran diri Meng. Jabatan Meng akan digantikan sementara oleh Wakil Presiden Interpol Kim Jong-yang.

Pemilihan presiden baru Interpol akan dilakukan di Dubai bulan depan. Tokoh yang terpilih akan menjalankan tugas Meng untuk dua tahun ke depan.

Sabtu kemarin, Interpol mendesak Tiongkok mengklarifikasi status Meng. Pihak keluarga serta Interpol mengaku khawatir mengenai kondisi Meng.

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah pejabat, miliarder hingga selebritas Tiongkok menghilang dari publik. Belum lama ini, aktris ternama Fan Bingbing yang dinyatakan hilang pada Juli akhirnya muncul di publik.

Fan melayangkan permohonan maaf dan mengaku telah dikenai denda 883 juta yuan atau hampir Rp2 triliun atas pengemplangan pajak dan pelanggaran lainnya.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id