Jumlah korban tewas bom Sri Lanka menurun. (Foto: AFP)
Jumlah korban tewas bom Sri Lanka menurun. (Foto: AFP)

Jumlah Korban Tewas Bom Sri Lanka Direvisi Jadi 253 Orang

Internasional Ledakan Sri Lanka
Sonya Michaella • 26 April 2019 06:54
Kolombo: Otoritas Sri Lanka merevisi jumlah korban tewas akibat serangan bom beruntun pada Minggu Paskah kemarin menjadi 253 orang dari 359 orang.
 
"Jumlah korban tewas setidaknya ada 253. Karena itu laporan media yang mengatakan jumlah korban tewas 359 adalah tidak benar," kata seorang direktur jenderal layanan kesehatan negara Sri Lanka, dikutip dari Guardian, Jumat 26 April 2019.
 
Ia mengatakan, adanya penghitungan jumlah korban yang salah itu karena pengeboman terjadi di ruang tertutup yang rapat dan menyisakan potongan tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, proses otopsi disebutkan telah selesai dan hasil rujukan sampel DNA menyimpulkan jumlah korban terbaru lebih rendah dari yang diumumkan sebelumnya.
 
Baca: Jumlah Korban Pengeboman di Sri Lanka Jadi 359 Orang
 
"Revisi ini berdasarkan hasil forensik yang dihitung secara keliru dari sisa-sisa jenazah yang rusak parah," lanjut dia.
 
Di samping itu, perubahan jumlah korban tewas yang tiba-tiba menurun ini akan semakin menekan pemerintah dan intelijen Sri Lanka terkait kegagalannya menangani ancaman bom yang sudah diketahui dua pekan sebelum serangan itu terjadi.
 
Pemerintah Sri Lanka menyebut investigasi awal mengindikasikan serangan bom merupakan ‘balasan’ atas penembakan di dua masjid di Selandia Baru bulan lalu yang menewaskan 50 orang.
 
Penyelidikan terus dilakukan oleh otoritas Sri Lanka terkait pengeboman ini. Klaim serangan pun telah dinyatakan oleh kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun Sri Lanka menuding pengeboman ini dilakukan oleh kelompok militan lokal, NTJ.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif