Kehancuran akibat Topan Hagibis picu rencana penundaan parade kekaisaran. Foto: AFP
Kehancuran akibat Topan Hagibis picu rencana penundaan parade kekaisaran. Foto: AFP

Jepang Berencana Tunda Parade Kaisar Akibat Topan Hagibis

Internasional Topan Hagibis
Medcom • 17 Oktober 2019 14:06
Tokyo: Jepang berencana untuk menunda parade kekaisaran untuk merayakan naik takhta kaisar baru. Rencana penundaan dipicu bencana Topan Hagibis yang menewaskan hampir 80 orang.
 
“Parade dijadwalkan pada 22 Oktober sebagai bagian dari serangkaian acara yang menandai penobatan resmi Kaisar Naruhito. Ritual keagamaan dan perjamuan kekaisaran yang terkait dengan acara tersebut masih diharapkan untuk terus berjalan sesuai jadwal” kata penyiar nasional NHK, dikutip dari laman AFP, Kamis, 17 Oktober 2019.
 
"Pemerintah telah memulai koordinasi penundaan parade perayaan yang telah direncanakan pada 22 Oktober. Hal ini dilakukan agar memastikan bantuan di daerah yang dilanda topan," kata NHK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dihubungi oleh AFP, Biro Rumah Tangga Kekaisaran dan komite pemerintah yang mengorganisir acara tersebut menolak mengomentari laporan rencana penundaan parade.
 
Naruhito secara resmi menggantikan ayahnya Akihito pada Mei tetapi serangkaian upacara dan perayaaan penobatannya dijadwalkan bulan ini dan akhir tahun. Perayaan tersebut termasuk parade dan upacara penobatan resmi yang direncanakan untuk Selasa depan.
 
Jepang masih melakukan operasi pencarian dan pemulihan setelah Topan Hagibis yang kuat menghantam negara itu pada Sabtu. Kekuatan topan memicu terjadinya banjir dan longsor yang mematikan.
 
Selain menewaskan hampir 80 orang, Topan Hagibis juga menyebabkan banyak orang mengungsi. Kerusakan parah juga tampak akibat topan tersebut.
 
Topan Hagibis melanda 36 dari 47 prefektur Jepang. Kuatnya topan membuat banyak tanggul runtuh di sekitar 88 lokasi di Negeri Sakura. Hagibis disebut-sebut sebagai topan terkuat yang melanda Jepang dalam 60 tahun terakhir.
 

 

Penulis: Fitri Nur Rizkyani
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif