PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP)
PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: AFP)

Jepang Kucurkan Rp92,2 Miliar untuk Korban Topan Hagibis

Internasional Topan Hagibis
Marcheilla Ariesta • 16 Oktober 2019 17:03
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana menggelontorkan uang bantuan sebesar USD6,5 juta atau sekitar Rp92,2 miliar untuk membantu korban Topan Hagibis. Sejauh ini, Hagibis telah merenggut 74 nyawa di sejumlah wilayah di Jepang.
 
Hagibis menghantam Jepang pada akhir pekan lalu. Angin topan dengan intensitas sangat tinggi ini memicu tanah longsor serta banjir di banyak prefektur. Selain menewaskan 74 orang, masih ada belasan warga yang dinyatakan hilang.
 
PM Abe mengatakan uang tersebut untuk membantu daerah-daerah yang terkena dampak badai. "Uang ini merupakan dana cadangan darurat milik pemerintah," kata dia, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 16 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tokyo juga akan mempercepat pencairan subsidi ke lebih dari 300 kota yang dilanda bencana. "Pemerintah akan bersatu untuk mengatasi masalah dan mendukung korban sehingga mereka dapat kembali ke kehidupan normal secepat mungkin," kata Abe.
 
Hingga Rabu pagi, lebih dari 10.000 rumah di Jepang masih terkena pemadaman listrik, sementara lebih dari 110.000 rumah tangga tidak mendapat pasokan air bersih.
 
"Hari ini pun pekerja penyelamat terus melakukan upaya terbaik mereka dalam operasi pencarian dan penyelamatan," kata juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga kepada wartawan.
 
"Karena hujan lebat, ketinggian air di sejumlah sungai meningkat," imbuhnya.
 
Suga mengimbau warga di daerah bencana untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana susulan meski Hagibis telah berlalu meninggalkan Jepang.
 
Topan Hagibis melanda 36 dari 47 prefektur Jepang. Kuatnya topan membuat banyak tanggul runtuh di sekitar 88 lokasi di Negeri Sakura. Hagibis disebut-sebut sebagai topan terkuat yang melanda Jepang dalam 60 tahun terakhir.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif