Acara Indonesian Heritage for Global Peace and Sustainable Development' di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin 2 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Acara Indonesian Heritage for Global Peace and Sustainable Development' di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin 2 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

UNESCO: Indonesia Negara Super Power Budaya

Internasional unesco
Marcheilla Ariesta • 02 Desember 2019 14:58
Jakarta: Organisasi Kebudayaan PBB (UNESCO) mengakui Indonesia sebagai negara berkekuatan super di bidang budaya. Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Ruddyard mengatakan, pengakuan UNESCO ini menjadi kacamata bagi Indonesia untuk melihat kembali warisan budaya.
 
"Ini warisan budaya dunia sebenarnya sudah kita share,jadi bukan lagi punya kita eksklusif," kata Febrian kepada awak media di Jakarta, Senin 2 Desember 2019.
 
Dia menambahkan tahun ini ada empat situs warisan Indonesia yang diakui dunia. Empat situs warisan tersebut adalah, Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto, Cagar Biosfer Togean Tojo Una-una, Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora, serta Kota Ambon sebagai kota musik dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan masuknya empat situs tersebut, kini telah terdapat 49 warisan nasional Indonesia yang mendapat pengakuan dunia," ungkapnya.
 
Sebanyak 49 situs warisan nasional Indonesia itu terdiri dari, empat situs warisan alam, sembilan situs warisan budaya tak benda, empat global geopark, 16 cagar biosfer, tiga kota creative city network, serta delapan warisan dokumenter.
 
"Ini prestasi luar biasa dan saya rasa kita bisa melakukan banyak hal bersama-sama ke depannya," imbuh Febrian.
 
Perwakilan UNESCO di Indonesia, Shahbaz Khan mengatakan, budaya di Indonesia sangat penting bagi dunia. Pasalnya, imbuh dia, membawa banyak ide baru san kreatifitas.
 
Dia mencontohkan Borobudur dan Subak. "Negara ini merupakan negara istimewa untuk budaya. Dan karena ada lebih dari 17 ribu pulau, makanya banyak sekali budaya. Sekali membawa mereka bersama, dunia akan mendapat keuntungan," pungkasnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif