PM Jepang Shinzo Abe (kanan) menjamu Presiden AS Donald Trump di Istana Akasaka di Tokyo, Senin 27 Mei 2019. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
PM Jepang Shinzo Abe (kanan) menjamu Presiden AS Donald Trump di Istana Akasaka di Tokyo, Senin 27 Mei 2019. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)

PM Abe Didukung Trump untuk Bertemu Kim Jong-un

Internasional amerika serikat politik jepang
Willy Haryono • 27 Mei 2019 14:05
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengaku mendapat dukungan penuh dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di masa mendatang.
 
Dukungan disampaikan Trump kepada PM Abe dalam pertemuan bilateral di Tokyo, Senin 27 Mei 2019.
 
"Saya merasa perlu bertemu Ketua Kim tanpa ada prasyarat apapun dan bertukar pandangan dengannya. Presiden Trump mengaku akan memberikan dukungan penuh agar hal tersebut dapat terwujud," kata PM Abe, dikutip dari laman AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Abe menilai pertemuan tatap muka secara langsung dengan Kim Jong-un adalah satu-satunya cara menyelesaikan isu emosional mengenai penculikan di masa lalu. Tokyo meyakini Pyongyang pernah menculik sejumlah warga Jepang di era perang -- sebuah isu yang menghambat komunikasi kedua negara.
 
Namun hingga sejauh ini, Kim Jong-un hampir belum pernah memperlihatkan ketertarikannya untuk bertemu langsung dengan PM Abe.
 
Masih mengenai Korut saat berdialog bersama PM Abe, Trump mengklaim ada "rasa saling menghormati" yang mendalam antara AS dengan Korut. Ia memprediksi "berbagai hal yang baik" akan berlangsung antar kedua negara, meski Pyongyang belum lama ini melakukan uji coba misil jarak pendek.
 
Selain soal Korut, Trump dan PM Abe akan fokus membicarakan perdagangan dan berbagai isu global lainnya termasuk ketegangan dengan Iran. PM Abe dikabarkan menawarkan diri menjadi seorang mediator dan mewacanakan berkunjung ke Iran.
 
Mengeluarkan pernyataan untuk menurunkan ketegangan dengan Iran, Trump mengaku masih tetap terbuka untuk berdialog.
 
"Saya yakin Iran juga ingin berdialog. Dan jika mereka memang ingin berbicara, maka kami juga siap melakukannya," tutur Trump.
 
Baca:Trump Bertemu Kaisar Naruhito di Istana Tokyo
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif