Kematian Jurnalis Arab Saudi

Menlu Retno Ikut Kawal Penyelidikan Kematian Khashoggi

Ahmad Mustaqim 26 Oktober 2018 18:38 WIB
arab saudiJamal Khashoggi
Menlu Retno Ikut Kawal Penyelidikan Kematian Khashoggi
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berbicara di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jumat 26 Oktober 2018. (Foto: Ahmad Mustaqim/Medcom.id).
Sleman: Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengaku akan ikut mengawal investigasi proses investigasi kasus kematian jurnalis Jamal Khashoggi. Ia berharap kasus itu bisa diusut dengan transparan.
 
Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Janjikan Keadilan untuk Khashoggi.
 
"Kasus pembunuhan Khashoggi jadi salah satu perhatian media internasional saat ini. Saya sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi di Jakarta yang sudah dirancang dalam situasi tidak baik," kata Menteri Retno di Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.
 
Ia mengaku mengkhawatirkan situasi usai kematian Khashoggi. Menteri Retno berharap kasus itu bisa diusut hingga tuntas.
 
"Kita sangat mengkhawatirkan situasi ini. Kita meminta investigasi dilakukan seksama dan transparan," kata dia.
 
Selain itu, ia menyatakan akan terus mengikuti informasi proses pengusutan kasus itu. Siapa yang bersalah, kata dia, harus dihukum setimpal.
 
Baca juga: Selidiki Kasus Khashoggi, Penyelidik Saudi Kunjungi Turki.
 
"Kita akan ikuti terus bagaimana investigasi dilakukan Permintaan kami orang-orang yang bersalah dihukum setimpal," ujarnya.
 
Jamal Khashoggi yang merupakan jurnalis Washington Post diduga meninggal dkibat di bunuh. Khassogi disebut meninggal di gedung Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki. Sementara, Arab Saudi juga telah mengakui Khashoggi tewas di konsulat, namun akibat perkelahian.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id