PM Thailand, Prayuth Chan-o-Cha. (Foto: AFP).
PM Thailand, Prayuth Chan-o-Cha. (Foto: AFP).

Umumkan Kabinet Baru, PM Thailand Merangkap Menhan

Internasional politik thailand
Marcheilla Ariesta • 11 Juli 2019 11:32
Bangkok: Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha telah mengumumkan kabinet sipil baru pada Rabu, 10 Juli. Susunan kabinet baru ini telah mendapat dukungan dari Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn.
 
Dalam kabinet baru tersebut, PM Prayuth juga merangkap tugas sebagai Menteri Pertahanan. Pengesahan kabinet baru ini akhirnya muncul usai pembicaraan selama beberapa pekan usai Prayuth dipilih oleh para senator dan anggota parlemen.
 
Laman Channel News Asia, Kamis, 11 Juli 2019, melaporkan Uttama Savanayana yang merupakan pemimpin Partai Palang Pracharat yang mendukung Prayuth, ditunjuk sebagai Menteri Keuangan yang baru. Uttama memegang portofolio industri di pemerintahan militer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Loyalis Prayuth lainnya, termasuk Prawit Wongsuwan, Somkid Jatusripitak, dan Wissanu Krea-ngam tetap menjadi wakil perdana menteri.
 
Baca juga:PM Thailand Perintahkan Pembubaran Junta Militer
 
Mantan wakil pemimpin pemerintahan militer, Anupong Paochinda, tetap dipertahankan sebagai menteri dalam negeri.
 
Wancwichit Boonprong, seorang analis politik dari Universitas Rangit mengatakan kecewa dengan susunan kabinet yang baru ini. Menurut dia, susunan ini tampak seperti 'membayar' sekutu politik.
 
"Ini lebih tentang mencocokkan kepentingan pihak daripada memberi nama yang tepat untuk pekerjaan yang tepat," terangnya.
 
Prayuth juga 'memberikan jabatan' di bidang ekonomi dengan 19 partai politik yang berada dalam koalisinya. Partai Demokrat mengambil kementerian pertanian dan perdagangan, sedangkan Partai Bhumjaithai mengambil jabatan di bidang kesehatan, transportasi dan pariwisata.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif