Sidang Pembunuhan Kim Jong-nam Segera Dilanjutkan
Siti Aisyah (kiri) dan Doan Thi Huong di Sepang, Malaysia, 24 Oktober 2017. (Foto: AFP/MOHD RASFAN)
Kuala Lumpur: Sidang kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang melibatkan dua tersangka wanita akan dilanjutkan di pengadilan Malaysia pada Senin pekan mendatang, setelah sempat reses selama tujuh pekan. 

Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong dari Vietnam dituduh memaparkan racun syaraf ke wajah Kim Jong-nam di sebuah terminal di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari tahun lalu. 

Keduanya adalah tersangka kasus ini, meski tim jaksa Malaysia mengatakan empat warga Korut yang melarikan diri juga terlibat pembunuhan. Kejaksaan Malaysia fokus untuk membuktikan keterlibatan Siti dan Doan. 


Gooi Soon Seng, pengacara Siti, mengatakan pembelaan pihaknya akan berusaha mengganti fokus penyelidikan ke empat warga Korut. Ia mengatakan kasus ini kekurangan bukti krusial seperti isi dari telepon genggam Kim Jong-nam, yang dapat menunjukkan sejumlah bukti mengapa dia dibunuh. 

Kejaksaan Malaysia mengatakan telepon dan barang-barang pribadi beserta jasad Kim Jong-nam sudah dipulangkan ke Korut beberapa hari setelah pembunuhan.

Baca: Dubes Malaysia: Siti Aisyah Harus Ikuti Proses Hukum di Negara Kami

"Konten telepon ini penting karena dapat memperlihatkan bagaimana dia tiba di bandara, siapa-siapa saja yang dihubunginya di Malaysia, apa yang sebenarnya terjadi," ujar Gooi, seperti dikutip TIME

"Hingga kini belum ada bukti kemungkinan terkait utang piutang, skandal asmara atau balas dendam yang dapat membuat seseorang membunuhnya. Kami merasa ini pembunuhan bermotif politik karena adanya keterlibatan Kedutaan Besar Korut," lanjut dia. 

Seorang saksi mata dari jajaran kepolisian mengatakan sebuah mobil yang digunakan untuk mengangkut para tersangka asal Korut ke bandara di hari pembunuhan adalah milik Kedubes Pyongyang. 

Pengadilan juga mendengarkan pernyataan bahwa seorang staf kedubes Korut menemui para tersangka sebelum mereka melarikan diri, dengan membantu proses check-in di bandara. 

 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id