Fernanda Montoya, penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pertama dari Kolombia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Fernanda Montoya, penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pertama dari Kolombia. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Terpikat dengan Indonesia, Warga Kolombia Belajar Tari

Internasional Beasiswa Seni dan Budaya
Sonya Michaella • 10 Mei 2019 14:14
Jakarta: Menjadi penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pertama dari Kolombia, Fernanda Montoya asal Kolombia merasa sangat beruntung. Ia yang memang menggemari tari sejak kecil, kini dapat mempelajari banyak tarian asal Indonesia.
 
Baca juga: BSBI jadi Alat Indonesia Promosikan Budaya.
 
“Saya ingin meningkatkan kemampuan saya menari. Dan saya rasa Indonesia adalah negara yang tepat untuk belajar tari,” kata Montoya, ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jumat 10 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama kali ke Benua Asia, pertama kali pula Montoya datang ke Indonesia. Pasalnya, Kolombia bersama Portugal dan Gambia menjadi tiga negara baru yang mendapat beasiswa dari Kemenlu ini.
 
“Bahkan saya tidak pernah terpikirkan akan datang ke Indonesia. Saya hanya mendaftar ke KBRI Bogota dan sangat terkejut sekali karena saya menjadi orang pertama dari Kolombia yang mendapatkan beasiswa ini,” ucap dia.
 
Perempuan berusia 27 tahun ini nanti akan tinggal selama tiga bulan di Kutai. Montoya juga sangat bersemangat ketika mengetahui seperti apa Kutai dan budayanya lewat internet.
 
Pertama diselenggarakan pada 2003, BSBI kini telah memiliki 848 alumni dari 94 negara. Untuk tahun ini, BSBI memberikan beasiswa untuk 72 muda-mudi dari 40 negara di Benua Asia, Eropa dan Afrika.
 
Setiap tahun, ‘penempatan’ BSBI selalu berbeda. Kali ini, mereka akan disebar untuk belajar budaya dan seni Indonesia ke tiga kota yaitu Banyuwangi, Yogyakarta, dan Kutai.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif