Tentara Tiongkok untuk pertama kalinya dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan usai protes di Hong Kong. Foto: AFP/Kris Cheng.
Tentara Tiongkok untuk pertama kalinya dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan usai protes di Hong Kong. Foto: AFP/Kris Cheng.

Untuk Pertama Kalinya Militer Tiongkok Bersihkan Hong Kong

Internasional hong kong Protes Hong Kong
Marcheilla Ariesta • 17 November 2019 04:15
Hong Kong: Tentara Tiongkok untuk pertama kalinya dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan usai protes di Hong Kong. Para militer dari daratan itu terlihat berlari keluar dari barat garnisun Kowloon.
 
Menggunakan kaos hijau dan celana pendek hitam, tentara Tiongkok terlihat membawa ember merah untuk mengangkut batu bata yang digunakan para pedemo. "Selain tentara, warga setempat juga membantu membersihkan jalan di dekat Universitas Baptist," kata seorang saksi mata, dilansir dari UPI, Sabtu 16 November 2019.
 
Pengerahan pasukan Tiongkok ini dilakukan setelah protes masuk bulan keenam. Para warga Tiongkok protes atas Rancangan Undang-Undang (RUU) ekstradisi yang saat ini sudah ditangguhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


RUU Ekstradisi ini memicu spekulasi tentang masa depan militer Tiongkok di kota pesisir semi-otonom.
 
Pasukan Tiongkok telah berada di Hong Kong sejak bekas koloni Inggris itu kembali ke kendali Tiongkok pada 1997, tetapi sebagian besar tetap di barak mereka. Di bawah Hukum Garrison Hong Kong, tentara tidak ikut campur dalam urusan lokal, tetapi dapat dipanggil jika pemerintah daerah meminta bantuan dengan bantuan bencana atau menjaga ketertiban umum.
 
Dua orang dinyatakan tewas dalam sepekan terakhir. Sementara seorang pedemo diketahui mengalami luka akibat tembakan yang diarahkan polisi Hong Kong ke dadanya.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif