Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Wabah Pneumonia Misterius, Puluhan Orang Sakit di Tiongkok

Internasional penyakit aneh
Arpan Rahman • 03 Januari 2020 19:13
Wuhan: Kekhawatiran wabah sindrom pernafasan akut meningkat di Tiongkok setelah rawat inap lebih dari dua lusin pedagang pasar di pusat Kota Wuhan. Tidak jelas apa nama sindrom itu.
 
Pihak berwenang juga menindak beragam komentar media sosial tentang pneumonia misterius yang menyebar di negara itu sejak wabah pada Selasa.
 
Surat kabar Tiongkok, People's Daily melaporkan, Kamis, pihak berwenang di Wuhan sedang menyelidiki dan menuntut delapan terdakwa atas tuduhan "menyebarkan desas-desus palsu di dunia maya" tentang wabah pneumonia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sejak Selasa, total 27 orang, kebanyakan dari mereka adalah penjual di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan, telah dirawat di rumah sakit. Tujuh orang masih dalam kondisi serius,” kata otoritas kesehatan Wuhan, seperti dikutipSouth China Morning Post, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Gejala-gejala penyakit ini memicu kekhawatiran di Tiongkok tentang wabah SARS kedua, mirip dengan epidemi yang mengguncang daratan dan Hong Kong dari tahun 2002 hingga 2003.
 
SARS membunuh ratusan orang dan virus SARS mungkin sudah ditularkan dari hewan ke manusia. Pasar di Wuhan tempat radang paru-paru dimulai termasuk pedagang yang menjual burung dan ular, menurut media setempat Tiongkok.
 
Wabah pneumonia pertama kali dilaporkan di media Tiongkok,CCTV menjelang Hari Tahun Baru. Pihak berwenang mengatakan pasien yang menjalani perawatan telah dikarantina.
 
Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan pernyataan dalam menanggapi wabah tersebut. "Investigasi masih dilakukan, dan pihak berwenang belum dapat mengkonfirmasi patogen apa yang menyebabkan penyakit ini," kata Paige Snider, penasihat senior WHO di Tiongkok, menurut Post.
 
"Ada banyak kemungkinan penyebab pneumonia virus, banyak di antaranya lebih umum daripada coronavirus sindrom pernafasan akut yang parah. WHO memantau dengan cermat peristiwa ini dan akan membagikan lebih banyak rincian seperti yang kita miliki," sambungnya.
 
Penyakit ini telah membuat Hong Kong dalam keadaan siaga. Seorang wanita Hong Kong yang kembali dari Wuhan dirawat di rumah sakit setelah menunjukkan gejala infeksi saluran pernapasan atas, menurut South China Morning Post.
 
Wabah pneumonia terjadi sekitar sebulan setelah otoritas kesehatan mengkonfirmasi beberapa kasus wabah pes di Tiongkok utara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif