PM Papua Nugini akan diberikan mobil Bentley sisa KTT APEC. Foto: AFP
PM Papua Nugini akan diberikan mobil Bentley sisa KTT APEC. Foto: AFP

Mobil Mewah Bekas KTT APEC Diserahkan ke PM Papua Nugini

Internasional papua nugini
Marcheilla Ariesta • 25 Oktober 2019 19:08
Port Moresby: Perdana Menteri Papua Nugini disebut akan mendapatkan mobil mewah, Bentley untuk keperluan sehari-harinya. Mobil tersebut dibeli untuk mengangkut para kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi APEC tahun lalu di sana.
 
James Marape bersama beberapa pejabat lain akan mendapat mobil mewah yang sempat menjadi kontroversi di negara Pasifik selatan itu.
 
Menteri Keuangan, Ken Ngangan mengatakan bahwa 111 anggota Parlemen akan mendapat kendaraan 'bekas' KTT APEC itu untuk tugas mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kabinet membuat keputusan baru-baru ini, meminta anggota Parlemen diberikan mobil masing-masing untuk menjalankan tugas mereka di ibu kota," kata Ngangan, dilansir dari AFP, Jumat 25 Oktober 2019.
 
"Satu dari tiga Bentley yang dibeli akan diberikan untuk kantor perdana menteri," sambung dia.
 
Pembelian mobil-mobil mewah ini menjadi kontroversi di negara itu. Tak hanya Bentley, pemerintah juga membeli 40 mobil super Maserati Quattroporte yang masing-masing bernilai lebih dari USD150 ribu.
 
Sekitar 300 kendaraan yang digunakan untuk KTT APEC itu sempat dilaporkan menghilang, termasuk mobil-mobil mewah tersebut. Namun, polisi akhirnya menemukan kendaraan-kendaraan ini setelah menyisiri seantero wilayah Papua Nugini.
 
Pejabat kala itu bersikeras mobil mewah tersebut akan dijual ke sektor swasta usai pertemuan. Penjualan mobil menurut mereka, dapat menutupi biaya.
 
Laporan pemerintah menunjukkan penyelenggaraan KTT APEC 2018 menelan biaya hingga USD135 juta. Padahal, Papua Nugini termasuk negara miskin di Pasifik.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif