Pengusaha Malaysia Terkait 1MDB Bersedia Ditemui di Dubai
Low Taek Jho atau biasa dikenal sebagai Jho Low adalah sosok yang disebut sebagai pemilik kapal pesiar Equanimity (Foto: Malaysia Kini).
Kuala Lumpur: Pengusaha asal Malaysia yang diduga berada di balik skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) kabarnya siap menemui polisi dan Komisi Anti Korupsi Malaysia (SPRM) di Dubai, untuk pemeriksaan.

Low Taek Jho atau biasa dikenal sebagai Jho Low juga disebut sebagai pemilik kapal pesiar Equanimity yang ditahan di Bali, Februari 2018 lalu.

Dilansir dari New Strait Times, Rabu 13 Juni 2018, pengacara Low bersedia bertemu terlebih dahulu dengan SPRM untuk mendiskusikan bahwa Low bisa membantu penyelidikan negara terhadap kasus ini.


Pejabat pemerintahan Negeri Jiran percaya bahwa Low memiliki hubungan dekat dengan beberapa orang di Dubai yang juga terkait dengan skandal 1MDB.

Baca: Terduga Korupsi 1MDB Sembunyi di Thailand Harapkan Kemenangan Najib

Sebelumnya, dikabarkan Low sempat mencari perlindungan ke Thailand, Macau, Uni Emirat Arab serta beberapa negara lain yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Malaysia.

SPRM sendiri sudah mengeluarkan surat perintah penangkapan Low sejak pekan lalu. Bahkan, pemerintah telah meminta Interpol untuk membantu dalam proses pencarian serta penangkapan.

Setidaknya 4,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp48 miliar diselewengkan dari 1MDB termasuk melalui sistem keuangan Amerika Serikat. Selain itu, dana korupsi tersebut mengalir ke rekening pribadi mantan Perdana Menteri Najib Razak. 

Najib sendiri sudah diperiksa sebanyak tiga kali oleh SPRM pun istrinya Rosmah Mansor telah diperiksa sebanyak satu kali. 



(FJR)