Keamanan Maritim Jadi Perhatian Bersama RI-Inggris
Direktur Regional DIT DSO Alexis Hammer. (Foto: Fajar Nugraha)
Jakarta: Di tengah dinamika permasalahan dunia internasional saat ini, keamanan maritim menjadi salah satu bidang kerja sama yang dibangun antara Inggris dengan Indonesia. 

Mengunjungi Indonesia, Direktur Regional Departemen Pertahanan Perdagangan dan Organisasi Keamanan (DIT DSO) Inggris Alexis Hammer menyempatkan diri bertemu dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Siwi Sukma Adji.

"Kami membicarakan berbagai isu seperti tantangan keamanan maritim dan kapabilitas apa yang bisa diberikan Inggris untuk Indonesia,” kata Hammer, ketika ditemui di Indo Defence 2018, di Jakarta, Rabu 7 November 2018.


"Dibicarakan juga mengenai kapabilitas apa yang bisa diberikan Inggris untuk Indonesia, dan pembicaraan untuk kerja sama lebih lanjut,” tambah dia.

Baca: Indonesia-Inggris Kembangkan Satelit untuk Berantas Pencurian Ikan

Sayangnya, Hammer enggan merinci seperti apa pertemuannya dengan Siwi. Ia hanya mengatakan bahwa pertemuan tersebut berjalan baik.

Hammer juga mengatakan Indonesia merupakan pasar ideal untuk ekspor Inggris terkait alutsista. Ini terjadi karena hubungan Indonesia dan Inggris di bidang pertahanan juga cukup baik.

Inggris menilai Indonesia, seperti negara berdaulat lainnya, memiliki hak dan kemampuan untuk melindungi diri dari segala bentuk ancaman. London mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam misi Penjaga Perdamaian PBB. RI telah mengerahkan lebih dari 40 ribu personel keamanan untuk 28 misi Penjaga Perdamaian PBB sejak 1957.

Selain itu, Inggris juga siap membantu Indonesia dalam mencapai batas ideal Jumlah Minimum Pasukan Esensial RI di tahun 2024 dan rencana peningkatan anggaran pertahanan dari 0,8 persen menjadi 1,5 persen dari total GDP pada 2020-2021.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id