Sinergi Lintas Sektoral untuk Mencapai Ketahanan Kesehatan Global

Anggi Tondi Martaon 06 November 2018 13:53 WIB
berita kemenko pmk
Sinergi Lintas Sektoral untuk Mencapai Ketahanan Kesehatan Global
Menko PMK Puan Maharani (Foto:Dok.Kemenko PMK)
Jakarta: Sebanyak 49 negara dari jumlah total 65 Anggota GHSA, organisasi internasional, serta organisasi non-pemerintah yang tergabung dalam Global Health Security Agenda (GHSA) menggelar pertemuan tingkat menteri di Nusa Dua, Bali. Pertemuan untuk memperkuat komitmen dan kemitraan multi-sektor mencapai target Kerangka Kerja GHSA 2024. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Puan Maharani mengatakan, kesehatan merupakan bagian tak terpisahkan antara berbagai unsur, yaitu sosio-ekonomi, pendidikan, lingkungan, hak-hak asasi, dan politik. 

Puan menjelaskan pendekatan multi-stakeholder dibutuhkan untuk mencapai ketahanan kesehatan global. "Mari jadikan pertemuan ini menyelaraskan kerja sama untuk menjawab tantangan masa depan. Indonesia berkomitmen untuk kerja bersama mencapai agenda GHSA 2024,” kata Puan, dikutip keterangan tertulis, Selasa, 6 November 2018.


Politikus PDIP itu menilai, GHSA merupakan inisiatif negara-negara dalam mempercepat implementasi International Health Regulation 2005. Komitmen tersebut dibuat untuk mengatasi peningkatan ancaman penyakit menular baru (Emerging Infectious Diseases), seperti Ebola, MERS-CoV, SARS, Flu Burung, Bakteri Kebal Biotik (MRSA), dan lain sebagainya. 

"Singkatnya, GHSA menginginkan dunia menjadi lebih aman dari ancaman berbagai penyakit berbahaya dan menular, baik secara sengaja maupun tidak sengaja,” katanya.

Selain itu, Puan juga menyampaikan upaya pemerintah Indonesia memperkuat sistem kesehatan. Di antaranya dengan menyediakan layanan kesehatan yang berkeadilan, berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. 

"Indonesia memandang pembangunan kesehatan sebagai pilar esensial dalam mengembangkan ketahanan nasional," ujarnya.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id