Dubes Tiongkok untuk ASEAN Huang Xilian dalam forum ASEAN-China High Level Media Forum di Jakarta, Rabu 24 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Dubes Tiongkok untuk ASEAN Huang Xilian dalam forum ASEAN-China High Level Media Forum di Jakarta, Rabu 24 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Pentingnya Peran Media dalam Hubungan Tiongkok-ASEAN

Internasional asean tiongkok asean-tiongkok
Sonya Michaella • 24 Juli 2019 09:54
Jakarta: Peran media dinilai sangat penting untuk penguatan kerja sama Tiongkok dan 10 negara ASEAN. Media dianggap dapat membawa keuntungan untuk hubungan kedua belah pihak.
 
"Media berperan penting untuk hubungan Tiongkok dan ASEAN. Terutama dalam pengembangan kerja sama One Belt Inisiative dengan ASEAN," kata Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Huang Xilian, dalam forum ASEAN-China High Level Media Forum di Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.
 
Tiga poin penting digarisbawahi oleh Huang, yaitu berbagi pengalaman antarmedia, konektivitas, dan bersama-sama meraih masa depan yang bagus untuk hubungan Tiongkok dan ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Media dari Tiongkok dan ASEAN dapat bertukar pengalaman terutama untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan antarmasyarakat. Hal seperti ini penting dilakukan," ucap dia lagi.
 
Selain itu, peran media juga memengaruhi stabilitas dari ASEAN. Pemberitaan-pemberitaan dari media dinilai cukup bisa mendongkrak citra ASEAN di mata dunia.
 
"ASEAN adalah mitra penting kami di berbagai bidang misalnya politik, ekonomi, perdagangan dan investasi. Kami harap kerja sama di bidang media ini terus berlanjut," tuturnya.
 
Senada dengan Huang, Duta Besar Filipina untuk ASEAN Noel Servigon juga mengatakan bahwa media cukup berpengaruh untuk citra ASEAN di mata internasional.
 
"ASEAN yang terus bertumbuh akan lebih efektif lagi jika didorong dengan peran media. Selain itu, media-media di ASEAN juga dapat belajar dari pengalaman media di Tiongkok," ucap Servigon.
 
Ia mengambil salah satu contoh yaitu teknologi 5G yang kini mulai dipraktekan di Negeri Tirai Bambu di mana dapat memperlancar kinerja media saat ini. Servigon berharap, negara-negara ASEAN bisa menyerap terkait teknologi ini untuk kemajuan media.
 
Baca:ASEAN-Tiongkok Bertukar Pengalaman Soal Hoaks
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif