Malaysia Gelar Pemilu Hari Ini
Pemilu Malaysia 2018 mempertemukan Mahathir Mohamad dengan mantan anak didiknya, Najib Razak. (Foto: AFP)
Kuala Lumpur: Pemilihan umum perdana menteri Malaysia digelar hari ini. Sekitar 15 juta pemilih di Negeri Jiran akan memilih sosok pemimpin bagi negaranya, apakah itu dari kubu pemerintah atau kubu oposisi.

Hari libur nasional pun telah ditetapkan pemerintah di hari ini. 

Sebanyak 222 kursi parlemen dan 505 kursi majelis negara diperebutkan oleh sekitar 2.333 kandidat. Barisan Nasional akan menghadapi manuver kuat dari Pakatan Harapan dan juga Parti Islam se-Malaysia (PAS).


Dilansir dari South China Morning Post, Rabu 9 Mei 2018, sebuah jajak pendapat memprediksikan 100 kursi akan diperoleh secara mudah oleh Barisan Nasional dan 83 kursi oleh Pakatan Harapan.

Sementara itu, 37 kursi dikategorikan sebagai "undian" dan 112 kursi parlemen untuk mengambil kekuasaan federal.

Baca: Oposisi Malaysia Raih Momentum, Namun Sulit Kalahkan Najib

Mahathir Mohamad --kandidat dari Pakatan Harapan-- sebelumnya sudah berpidato di Langkawi, wilayah pemenangannya. Sementara, PM petahana, Najib Razal --kandidat dari Barisan Nasional-- telah berpidato di Pahang.

Berbicara selama 30 menit, masing-masing kandidat tampak menjatuhkan satu sama lain. Najib, bahkan mengumumkan satu set insentif baru untuk dilaksanakan jika koalisi Barisan Nasional keluar sebagai pemenang.

Lain lagi dengan Mahathir, ia berjanji akan mengembalikan Malaysia seperti saat ia memimpin selama 22 tahun dulu. Mahathir mendesak para pemilih agar tidak tergiur oleh tawaran insentif Najib.

Namun, Pusat Merdeka baru saja merilis berdasarkan penelitian opini bahwa koalisi Barisan Nasional, yang merupakan partai berkuasa di Malaysia turun popularitasnya menjadi 37,3 persen dari 47,4 sejak pemilu 2013 silam.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360