Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield. (Ross Giblin / POOL / AFP)
Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield. (Ross Giblin / POOL / AFP)

Selandia Baru Pesimistis Bisa Kembali Mencapai Nol Kasus Covid-19

Internasional Virus Korona selandia baru covid-19 pandemi covid-19 Jacinda Ardern Varian Delta
Marcheilla Ariesta • 22 September 2021 15:19
Auckland: Selandia Baru mungkin tidak akan bisa lagi mencatat nol kasus harian Covid-19. Pernyataan ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield di tengah upaya pemerintahan negara tersebut dalam membasmi varian Delta Covid-19.
 
Setelah mencatat sejumlah kecil infeksi harian Covid-19 pada Februari lalu, Selandia Baru mencatat 0 kasus selama beberapa bulan. Namun, kasus kembali melonjak pada Agustus lalu, yang mendorong Perdana Menteri Jacinda Ardern untuk memerintahkan penguncian (lockdown) nasional.
 
Kota terbesar di Selandia Baru, Auckland, masih berada dalam status lockdown dengan tambahan sejumlah kasus Covid-19 pada setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mungkin tidak akan bisa kembali ke angka nol, tapi yang terpenting adalah kami akan terus menemukan infeksi, melakukan pelacakan, tes, dan meredam penyebaran virus di tengah masyarakat," kata Bloomfield, dilansir dari AFP, Rabu, 22 September 2021.
 
Ia menambahkan, tujuan mereka sekarang adalah mencoba mengatasi wabah Delta sambil meningkatkan laju vaksinasi.
 
"Meningkatkan laju vaksinasi menjadi lebih dari 90 persen menjadi cara baru kami untuk mendapatkan kembali kebebasan yang pernah kami miliki dulu," imbuhnya.
 
Baca:  Selandia Baru Perpanjang Penangguhan Perjalanan Bebas dengan Australia
 
Lockdown ketat dan penutupan perbatasan internasional sejak Maret 2020 membantu Selandia Baru mengendalikan Covid-19. Namun saat ini, pemerintahan PM Ardern menghadapi masalah laju vaksinasi. Saat ini, baru sekitar 40 persen dari 5,1 juta orang di Selandia Baru yang sudah divaksinasi penuh.
 
Otoritas Selandia melaporkan 23 kasus baru Covid-19 pada Rabu ini, yang semuanya berasal dari Auckland. Dengan tambahan kasus baru, maka total kasus dalam wabah saat ini menjadi 1.080.
 
Berbeda dengan Bloomfield, Menteri Tanggap Covid-19 Chris Hipkins tetap optimistis Negeri Kiwi dapat kembali mencaai nol kasus Covid-19. Menurutnya, pemerintah tidak menyerah untuk mencapai tujuan itu.
 
"Kami tidak menyerah untuk kembali ke nol. Kami benar-benar memperjuangkan hal itu," pungkasnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif