Sebuah toko di New Delhi, India, memajang koleksi hijab. (Sajjad HUSSAIN / AFP)
Sebuah toko di New Delhi, India, memajang koleksi hijab. (Sajjad HUSSAIN / AFP)

Kisruh Larangan Hijab Capai Negara Bagian Terpadat India

Medcom • 15 Februari 2022 19:09
Bengaluru: Kisruh seputar larangan pemakaian hijab telah mencapai Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India. Isu yang dimulai di negara bagian Karnataka ini mengakibatkan pecahnya siswa ke dalam kelompok yang mendukung dan menentang larangan hijab.
 
Pekan kemarin, otoritas India menutup perguruan tinggi di Karnataka setelah dikeluarkannya peraturan yang melarang siswi Muslim mengenakan hijab di kelas. Kebijakan baru ini mengundang protes kelompok Muslim, dan aksi unjuk rasa tandingan dari siswa beragama Hindu.
 
Di Uttar Pradesh, puluhan pemuda menyuarakan memorandum di Dharma Samaj College di distrik Aligarh. Memorandum tersebut berisi permintaan untuk melarang seluruh pemakaian hijab di wilayahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka mengenakan selendang safron di leher, yang merupakan identitas agama Hindu.
 
"Dua tahun lalu, isu yang sama muncul dan sekarang muncul lagi. Kami tidak mengizinkan semua jenis pakaian keagamaan, dan kami memiliki peraturan seragam untuk semuanya,” ujar kepala pengawas Dharma Samaj College, Mukesh Bharadwaj, dilansir dari Khaleej Times, Selasa, 15 Februari 2022.
 
Saat ini, pakaian dengan atribut agama apa pun tidak boleh dikenakan di semua sekolah di India. Pakaian semacam itu diperbolehkan digunakan di luar institusi pendidikan.
 
"Ada ruang ganti untuk perempuan dan mereka bisa berganti pakaian di sana sebelum masuk kelas," kata Bharadwaj. 
 
Baca: Beberapa Sekolah di India Mulai Dibuka Kembali Usai Protes Larangan Hijab
 
Diperkirakan memiliki populasi setara Brazil, Uttar Pradesh dipimpin partai milik Perdana Menteri Narendra Modi. Uttar Pradesh kini sedang berada di tengah pemilihan umum bertahap yang akan berakhir bulan depan.
 
Sementara itu, isu larangan hijab telah mencapai tahap hukum pengadilan di Karnataka. Sidang dilanjutkan hari ini untuk menentukan apakah hijab akan diizinkan untuk dipakai di dalam kelas atau tidak. (Kaylina Ivani)

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif