Pesawat jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Pakistan melakukan manuver di Islamabad, 16 Maret 2022. (Aamir QURESHI / AFP)
Pesawat jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Pakistan melakukan manuver di Islamabad, 16 Maret 2022. (Aamir QURESHI / AFP)

30 Orang Tewas dalam Serangan Udara Pakistan di Afghanistan

Internasional Taliban afghanistan taliban afghanistan pakistan
Willy Haryono • 17 April 2022 14:17
Khost: Setidaknya 30 orang tewas dalam serangkaian serangan udara Pakistan di dua provinsi Afghanistan pada Jumat malam lalu. Menurut keterangan otoritas lokal Afghanistan, terdapat beberapa perempuan dan anak-anak dari total 30 korban tewas.
 
Pemerintah provinsi Khost melaporkan adanya serangan udara Pakistan di desa Mirpar, Mandeh, Shaidi serta Kai yang semuanya berada di distrik Spurra.
 
Dikutip dari India Today, Sabtu, 16 April 2022, juru bicara kepala kepolisian Taliban untuk provinsi Khost, Mostaghfar Gerbz, mengonfirmasi terjadinya serangan udara Pakistan di area perbatasan kepada surat kabar 8 Sobh. Namun ia mengaku belum dapat memastikan jumlah kematiannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


King Jamshid, sebuah grup etnis besar di wilayah Waziristan, mengatakan kepada 8 Sobh bahwa 30 orang tewas dalam serangan udara Pakistan. Di Kunar, sejumlah saksi mata mengonfirmasi adanya lima kematian akibat serangan udara pasukan Afghanistan
 
Masih di hari yang sama, pasukan Pakistan dikabarkan terlibat bentrok dengan Taliban di area Masterbel, distrik Gorbz.
 
"Laporan media dan juga wawancara dengan sejumlah saksi mata menunjukkan bahwa pasukan Pakistan telah melancarkan serangan udara di dua area, yaitu di Kunar timur dan wilayah tenggara provinsi Khost pada Jumat malam," tulis media TOLO News via Twitter.
 
Di Pakistan, media lokal melaporkan bahwa sejumlah militan anti-pemerintah telah tewas dalam serangan udara di Waziristan Utara yang berbatasan langsung dengan Afghanistan.
 
Sementara media Afghanistan melaporkan bahwa, "seorang tokoh adat dari Waziristan yang tinggal di Khost melaporkan bahwa pesawat pasukan Pakistan menyerang kamp imigran, menewaskan setidaknya 30 orang."
 
Selama ini, Pakistan kerap melancarkan operasi militer di area perbatasan dalam menumpas sejumlah kelompok militan yang disebutnya datang dari wilayah Afghanistan. Operasi perbatasan ini kerap memicu bentrokan dengan aparat keamanan Afghanistan atau militan Taliban.
 
Baca:  Pakistan Klaim Bunuh 50 Petugas Perbatasan Afghanistan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif