Misil yang diparadekan dalam peringatan 75 tahun Partai Buruh Korea Utara. AFP/North Korean Central News Agency
Misil yang diparadekan dalam peringatan 75 tahun Partai Buruh Korea Utara. AFP/North Korean Central News Agency

Korea Utara Pamerkan Rudal Balistik Interkontinental dalam Parade

Internasional korea utara
Faustinus Nua • 11 Oktober 2020 06:26
Jakarta: Korea Utara memamerkan rudal balistik interkontinental (ICBM) terbarunya. Rudal balistik itu diperlihatkan dalam parade militer ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh yang berkuasa pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020.
 
Rudal itu dipamerkan di atas kendaraan pengangkut dengan 11 roda. Menurut pengamat militer, rudal itu akan menjadi salah satu ICBM bergerak terbesar di dunia jika dapat dioperasikan.
 
"Kami akan terus membangun kekuatan pertahanan nasional kami dan pencegahan perang untuk membela diri," kata pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski memiliki persenjataan yang canggih, Kim menegaskan bahwa pihaknya hanya akan dinggunakan untuk tetap bertahan. Dia pun berjanji kekuatan militer negara tidak akan digunakan lebih dulu atau ofensif.
 
Adapun, Kim menyebut sanksi internasional, topan, dan virus korona merupakan pekerjaan rumah pemerintahan. Lantaran hal itu mencegahnya memenuhi janji-janji kemajuan ekonomi.
 
"Upaya dan pengabdian saya tidak cukup untuk membawa orang-orang keluar dari mata pencaharian yang sulit."
 
Pawai itu sangat koreografis, dengan ribuan pasukan berbaris dalam formasi, menampilkan peralatan militer konvensional baru termasuk tank, dan jet tempur yang meluncurkan suar dan kembang api. CEO Grup Risiko Korea,Chad O'Carroll, mengatakan perangkat militer baru ditampilkan di acara ini lebih banyak daripada parade-parade sebelumnya.
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif