Kim Jong-un bersama jajaran petinggi Korut tersenyum senang saat menyaksikan sebuah uji coba senjata. (KCNA VIA KNS / AFP / Getty)
Kim Jong-un bersama jajaran petinggi Korut tersenyum senang saat menyaksikan sebuah uji coba senjata. (KCNA VIA KNS / AFP / Getty)

Korut Sebut Kim Jong-un Saksikan Uji Coba Senjata Taktis Terbaru

Internasional Kim Jong-un korea utara Rudal Balistik Korea Utara
Willy Haryono • 17 April 2022 09:40
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah menyaksikan langsung uji coba sistem senjata terbaru, ucap media nasional Korean Central News Agency (KCNA) pada Minggu pagi, 17 April 2022. KCNA tidak menyebut secara spesifik kapan uji coba tersebut berlangsung.
 
"Senjata taktis tipe terbaru ini secara drastis memperkuat unit artileri jarak jauh, dan juga meningkatkan efisiensi dari operasional nuklir taktis," ungkap KCNA.
 
Militer Korea Selatan mengatakan bahwa Korut telah menembakkan dua proyektil dari lepas pantai timur menuju ke arah lautan pada Sabtu kemarin. Dua proyektil itu, diluncurkan dari area Hamhung sekitar pukul 18.00 waktu setempat, terbang sejauh 110 kilometer dengan ketinggian maksimal 25 km dan kecepatan maksimal Mach 4.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangkaian foto dari surat kabar Rodong Sinmun memperlihatkan Kim yang tersenyum puas saat sedang menyaksikan uji coba peluncuran rudal balistik.
 
Dalam laporan KCNA, Kim disebut telah memberikan instruksi spesifik kepada tim riset militer untuk "membangun kapabilitas pertahanan dan pasukan tempur nuklir."
 
Jumat kemarin, Korut memperingati kelahiran pendiri negara, Kim Il-sung, dengan prosesi publik yang diwarnai kembang api serta tarian tradisional. Tidak ada parade militer dalam acara peringatan tersebut.
 
Sejumlah analisis Korsel dan Amerika Serikat sempat memprediksi akan adanya parade militer dan uji coba nuklir dalam peringatan kelahiran Kim Il-sung, kakek dari Kim Jong-un.
 
Baca:  Korut Rayakan Ultah Pendiri Negara Tanpa Parade Senjata
 
Acara peringatan dilakukan tiga pekan usai Korut melakukan uji coba terbesar rudal antarbenua (ICBM), yang merupakan kali pertama sejak 2017.
 
Peluncuran tersebut juga mengakhiri moratorium uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh yang diberlakukan sendiri oleh Kim lima tahun lalu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif