Parade di Korea Utara./AFP
Parade di Korea Utara./AFP

Korut Rayakan Ultah Pendiri Negara Tanpa Parade Senjata

Internasional Kim Jong-un korea utara Rudal Balistik Korea Utara
Marcheilla Ariesta • 16 April 2022 17:38
Pyongyang: Korea Utara (Korut) kembali merayakan ulang tahun pendiri negara itu, Kim Il-sung. Namun, perayaan kali ini dilakukan tanpa parade senjata, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
Ulang tahun Kim Il-sung adalah hari libur nasional paling penting di Korea Utara, di mana keluarga Kim telah memerintah di bawah kultus kepribadian yang kuat sejak negara itu didirikan pada 1948.
 
Perayaan pekan ini yang menandai peringatan 110 tahun kelahirannya datang saat cucunya, pemimpin Korut saat ini Kim Jong-un, menghidupkan kembali kemampuan nuklirnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gambar-gambar media pemerintah menunjukkan Kim melambai dari balkon yang menghadap ke alun-alun luas di Pyongyang. Sementara itu, sebagian besar orang terlihat membawa bunga plastik merah dan kendaraan hias dengan slogan-slogan politik berbaris di bawah.
 
"Korut akan selalu menjadi pemenang di bawah bimbingan pemimpin tertinggi kita," ujar Ri Il-hwan, anggota politbiro partai Buruh yang berkuasa, dilansir dari The Guardian, Sabtu, 16 April 2022.
 
Baca juga: Korut Bersiap Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan Kim Jong-un
 
Sementara itu, Kim tampaknya tidak menyampaikan pidato. Sejauh ini juga belum laporan dari media pemerintah Korut terkait hal tersebut.
 
Awal bulan ini Sung Kim, perwakilan khusus Amerika Serikat untuk kebijakan Korea Utara, mengatakan bahwa Washington meyakini Pyongyang dapat menunjukkan peningkatan kapasitas senjata nuklirnya di hari ulang tahun Kim Il-sung. Tetapi prediksi itu meleset, karena Korut ternyata tidak menunjukkan perangkat keras militernya.
 
Citra satelit komersial dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan persiapan untuk parade militer besar di ibu kota Korut. Parade kemungkinan berlangsung di peringatan berdirinya tentara Korut pada 25 April mendatang. Jika itu terjadi, bisa saja Korut menampilkan senjata paling canggihnya sejauh ini, seperti rudal balistik antarbenua (ICBM).
 
Ada juga perkiraan bahwa Pyongyang akan lebih meningkatkan intensitas pengujian senjatanya dalam beberapa pekan atau bulan mendatang.
 
Korut telah membuka tahun 2022 dengan serangkaian uji coba senjata, termasuk peluncuran ICBM perdana sejak 2017. Militer Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa negara tetangganya itu sedang membangun kembali terowongan di tempat uji coba nuklir, yang sebagiannya pernah dibongkar menjelang pertemuan puncak pertama antara Kim dan mantan presiden AS Donald Trump pada Juni 2018.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif