Seorang tenaga medis bersiap menyuntikkan sebuah vaksin. (Claudio Cruz/AFP/Getty)
Seorang tenaga medis bersiap menyuntikkan sebuah vaksin. (Claudio Cruz/AFP/Getty)

Korsel Imbau Warga Ikuti Vaksinasi Flu Meski Ada 48 Kematian

Internasional korea selatan vaksin influenza pandemi covid-19
Willy Haryono • 26 Oktober 2020 14:18
Seoul: Korea Selatan mendesak warganya untuk tetap mengikuti vaksinasi influenza meski adanya kematian 48 orang terkait penggunaan vaksin flu. Korsel meminta vaksinasi tetap berjalan demi meminimalisasi risiko wabah flu di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Publik Korsel khawatir terhadap keamanan vaksin flu usai terjadinya kematian 48 orang. Namun otoritas Korsel menegaskan, pihaknya tidak menemukan kaitan langsung antara 48 kematian itu dengan vaksin flu.
 
"Vaksinasi menawarkan keuntungan yang lebih besar ketimbang efek sampingnya. Baik WHO maupun pakar domestik dan luar negeri sepakat akan hal ini," kata Menteri Kesehatan Korsel Park Neung-hoo dalam sebuah konferensi, dilansir dari laman Asia One pada Senin, 26 Oktober 2020. WHO merujuk pada Organisasi Kesehatan Dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun lalu, lebih dari 1.500 orang lanjut usia di Korsel meninggal dalam kurun waktu tujuh hari usai menerima vaksin flu. Namun Pemerintah Korsel menegaskan kematian tersebut tidak terkait vaksinasi.
 
Saat Korsel mendorong program vaksinasinya, Singapura menjadi negara pertama yang menghentikan sementara penggunaan dua vaksin flu. Sejauh ini Singapura tidak melaporkan adanya kematian terkait vaksinasi flu.
 
Dua vaksin flu yang dihentikan sementara penggunaannya di Singapura adalah SKYCellflu Quadrivalent dan VaxigripTetra. Keduanya adalah bagian dari tujuh vaksin dalam program vaksinasi influenza di Korsel.
 
"(Penghentian sementara) ini adalah langkah antisipasi menyusul adanya laporan kematian dalam vaksinasi influenza di Korea Selatan," ujar pernyataan gabungan MOH dan Otoritas Sains Kesehatan (HSA).
 
Namun MOH menekankan, dua vaksin lainnya yang telah dibawa ke Singapura untuk musim flu tahun ini masih bisa digunakan.
 
Seperti obat-obatan lainnya, vaksin dapat menimbulkan efek samping seperti rasa sakit dan kemerahan di area tubuh yang disuntik. Efek samping lainnya adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, rasa lelah, dan mual.
 
Baca:Singapura Setop Penggunaan Dua Vaksin Flu usai Kematian di Korsel
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif