Petugas kesehatan mengambil sampel dalam kegiatan swab test covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (AFP/STR)
Petugas kesehatan mengambil sampel dalam kegiatan swab test covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (AFP/STR)

Kota Qingdao di Tiongkok Siapkan 9 Juta Tes Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 12 Oktober 2020 12:04
Qingdao: Pemerintah kota Qingdao di Tiongkok berencana melakukan tes virus korona (covid-19) ke semua warga yang berjumlah lebih dari 9 juta orang. Rencana tes massal selama lima hari ini disampaikan usai munculnya sejumlah kasus baru covid-19 yang dikaitkan dengan sebuah rumah sakit di kota tersebut.
 
Dikutip dari laman WA Today pada Senin, 12 Oktober 2020, otoritas kesehatan Qingdao mencatat enam infeksi baru covid-19 dan enam kasus asimtomatik pada hari Minggu kemarin. Sebagian besar kasus baru ini terkait dengan rumah sakit Qingdao Chest Hospital.
 
Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (NHC) mencatat total 21 kasus terkonfirmasi covid-19 di pulau utama Negeri Tirai Bambu pada Minggu, 11 Oktober.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data NHC disampaikan setelah pengumuman dari otoritas Qingdao, tanpa menyertakan tambahan infeksi baru covid-19 dari kota tersebut. Alasan di balik langkah NHC itu belum diketahui.
 
Jumlah kasus asimtomatik covid-19 di Tiongkok, yang dianggap Beijing tidak termasuk infeksi terkonfirmasi, meningkat menjadi 32 pada Minggu. Satu hari sebelumnya, ungkap NHC, mencapai 23.
 
NHC tidak menyebutkan dari daerah mana saja kasus asimtomatik tersebut. NHC hanya menyebutkan 29 dari total kasus tersebut masuk kategori "infeksi impor," yang artinya berasal dari orang asing yang masuk ke Tiongkok.
 
Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, provinsi Hubei, di Tiongkok pada akhir Desember 2019. Virus itu kini telah menyebar ke 188 negara dan wilayah di dunia, dengan total infeksi mencapai lebih dari 37 juta.
 
Sementara angka kematian global akibat covid-19 telah melampaui 1 juta, dengan 25,9 juta individu terjangkit telah dinyatakan sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif