Sebuah foto dari badan penjaga perbatasan Kirgistan memperlihatkan asap dari pertempuran dengan Tajikistan di wilayah perbatasan, 16 September 2022. (Kyrgyz border guard service)
Sebuah foto dari badan penjaga perbatasan Kirgistan memperlihatkan asap dari pertempuran dengan Tajikistan di wilayah perbatasan, 16 September 2022. (Kyrgyz border guard service)

Bentrok dengan Tajikistan, Kirgistan Deklarasikan Status Darurat di Batken

Willy Haryono • 17 September 2022 18:05
Bishkek: Kirgistan telah mendeklarasikan status darurat di wilayah Batken yang berbatasan dengan Tajikistan di tengah bentrokan berdarah dengan negara tetangganya itu, ucap Kementerian Urusan Darurat pada Jumat malam. Bentrokan terbaru antar dua negara pecahan Uni Soviet itu telah menewaskan setidaknya 24 orang.
 
"Status darurat dideklarasikan untuk memastikan keselamatan warga sipil, memungkinkan evakuasi dan evakuasi masyarakat, mencegah korban jiwa dan memobilisasi pasukan-pasukan relevan," ujar pihak kementerian, dikutip dari laman Anadolu Agency pada Sabtu, 17 September 2022.
 
Pertempuran terbaru antara Kirgistan dan Tajikistan di area perbatasan meletus pada Jumat pagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Kesehatan Kirgistan melaporkan adanya 24 kematian dengan 87 korban tewas dalam pertempuran dengan Tajikistan.
 
Kirgistan dan Tajikistan saling menuduh sebagai pihak yang memulai kembali pertempuran, terlepas dari adanya sebuah perjanjian gencatan senjata. Dalam sebuah pernyataan, badan perbatasan Kirgistan mengatakan bahwa pasukannya terus berupaya menghalau serangan Tajikistan.
 
"Dari wilayah Tajik, serangan artileri terhadap posisi Kirgistan terus berlanjut. Di beberapa area, pertempuran berlangsung intens," ucap badan perbatasan tersebut.
 
Pertempuran atas garis perbatasan antara Kirgistan dan Tajikistan sering terjadi, namun biasanya mereda dengan cepat. Sebelum konflik terbaru, kedua negara sempat bersitegang di wilayah Batken pada 2021.
 
Baca:  Waduh! Kirgistan dan Tajikistan 'Berantem' Lagi, 24 Orang Tewas 87 Terluka
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif