Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Fred DUFOUR / AFP)
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Fred DUFOUR / AFP)

4 Warga Tiongkok Tewas dalam Tragedi Itaewon, Xi Jinping Sampaikan Belasungkawa

Willy Haryono • 30 Oktober 2022 16:18
Tiongkok: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengirim pesan belasungkawa pada Minggu, 30 Oktober 2022, kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol atas insiden memilukan yang menewaskan lebih dari 150 orang dalam sebuah perayaan Halloween di Itaewon, Seoul pada Sabtu malam.
 
Dalam pesannya, Xi mengaku terkejut saat mendengar tentang tragedi yang telah menelan begitu banyak korban.
 
Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, Xi menyampaikan belasungkawa mendalam kepada para korban dan simpati yang tulus kepada keluarga mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa warga Tiongkok tewas atau terluka dalam tragedi ini," kata Xi, dilansir dari laman CGTN. Ia berharap pihak Korea Selatan akan melakukan segala upaya dalam merawat mereka yang terluka dan menangani masalah tindak lanjut insiden ini dengan benar.
 
Di hari yang sama, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang juga mengirimkan pesan belasungkawa kepada PM Korea Selatan Han Duck-soo.
 
Setidaknya 151 orang tewas dan 82 lainnya terluka akibat terhimpit dan terinjak-injak dalam perayaan Halloween di gang-gang sempit Itaewon, sebuah distrik di Seoul.
 
Empat warga negara Tiongkok dipastikan tewas akibat terinjak-injak, ucap Kedutaan Besar Tiongkok di Korea Selatan mengatakan kepada wartawan CMG.
 
Kementerian Luar Negeri Tiongkok telah mengaktifkan mekanisme darurat untuk perlindungan konsuler dan mengerahkan staf kedubes di Korea Selatan untuk melakukan tanggap darurat.
 
Sebelumnya, sejumlah pemimpin dunia seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Kanada Justin Trudeau dan lainnya telah menyampaikan belasungkawa kepada Korea Selatan.
 
Baca:  19 Warga Asing dari 4 Negara Tewas dalam Tragedi Itaewon

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif