Polisi Tiongkok bentrok dengan pedemo./ AFP
Polisi Tiongkok bentrok dengan pedemo./ AFP

Polisi Tiongkok Bentrok dengan Pedemo, Buntut Pekerja Pabrik Tak Digaji

Marcheilla Ariesta • 08 Januari 2023 20:34
Chongqing: Pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di Tiongkok selama demonstrasi pada Sabtu kemarin. Unjuk rasa terjadi di sebuah pabrik yang memproduksi alat antigen Covid-19.
 
Warganet Tiongkok mengatakan, protes itu terkait dengan isu upah dan pemecatan beberapa pekerja oleh pabrik Zybio di Chongqing.
 
Sebuah video memperlihatkan orang-orang melemparkan kerucut lalu lintas, kotak, dan bangku ke arah polisi yang membawa tameng antihuru-hara. Video lain, yang diunggah di media sosial seperti Twitter dan Douyin, memperlihatkan puluhan pengunjuk rasa meneriakkan "kembalikan uang kami."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seseorang yang menjawab panggilan telepon di markas Zybio menolak berkomentar," lapor Channel News Asia, Minggu, 8 Januari 2023.
 
Baca juga: Akhirnya! Tiongkok Cabut Persyaratan Karantina Untuk Turis
 
Aksi unjuk rasa kerap terjadi di Tiongkok, biasanya terkait masalah penipuan keuangan atau perselisihan perburuhan.
 
Tetapi otoritas Tiongkok meningkatkan kewaspadaan setelah terjadinya serangkaian aksi protes akhir tahun lalu, termasuk kerusuhan pekerja di pabrik iPhone pemasok Apple Foxconn di Tiongkok tengah.
 
Tahun lalu juga, unjuk rasa meluas di kota-kota Tiongkok dan universitas terkemuka terkait "Nol-Covid," sebuah kebijakan yang telah dicabut bulan lalu.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif