Presiden Tiongkok Xi Jinping. (AFP)
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (AFP)

Presiden Tiongkok Minta Macron Tetap di Jalur Strategis Independen

Internasional Tiongkok prancis pemilu prancis Emmanuel Macron Xi Jinping Marine Le Pen
Willy Haryono • 25 April 2022 21:32
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping meminta Prancis untuk tetap mempertahankan jalur strategis independen di bawah kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron. Seruan itu disampaikan Xi dalam pesan ucapan selamat kepada Macron yang berhasil menang dalam pemilihan umum putaran kedua pada hari Minggu kemarin.
 
Dalam sambungan telepon bersama Macron, Xi mengaku selalu memandang hubungan Tiongkok-Prancis dari perspektif strategis dan jangka panjang. Ia mengaku ingin terus memperkuat hubungan kedua negara berdasarkan pada "kemandirian, rasa saling memahami, visi ke depan, keuntungan bersama dan solusi win-win."
 
"Tiongkok dan Prancis sama-sama negara hebat dengan tradisi kemandirian dan otonomi," ucap Xi, dikutip dari South China Morning Post, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini, situasi internasional sedang mengalami perubahan mendasar dan kompllleks, dan signifikansi strategis dari perkembangan hubungan Tiongkok-Prancis yang sehat dan stabil menjadi semakin menonjol," sambungnya.
 
Xi memuji perkembangan hubungan bilateral Tiongkok-Prancis dalam lima tahun terakhir. Menurut Xi, kedua negara telah sama-sama membela multilateralisme, meningkatkan tata kelola global, memberikan dorongan baru bagi perkembangan hubungan Tiongkok-Uni Eropa, dan memberikan kontribusi baru bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia.
 
Ucapan selamat Xi kepada Macron berbeda dari apa yang pernah disampaikannya lima tahun lalu. Pada 2017, Xi mengucapkan selamat kepada Macron dengan fokus pada Inisiatif Sabuk dan Jalan serta perjanjian iklim Paris.
 
Pernyataan Xi kali ini sejalan dengan seruannya kepada Prancis beberapa waktu lalu, yang meminta Paris mempertahankan otonomi strategisnya dan mengambil posisi independen dari Amerika Serikat (AS).
 
Sejumlah tokoh dunia telah mengucapkan selamat kepada Macron yang berhasil mengalahkan politikus sayap kanan Marine Le Pen. Kemenangan ini membuat sejumlah negara, terutama di benua Eropa, merasa lega karena Prancis masih dipimpin tokoh berhaluan tengah.
 
Baca:  Jajaran Pemimpin Arab Ucapkan Selamat atas Kemenangan Macron
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif