WNI aman dari kerusuhan di Sri Lanka./AFP
WNI aman dari kerusuhan di Sri Lanka./AFP

Krisis di Sri Lanka, KBRI Kolombo Pastikan WNI Aman

Internasional Kerusuhan wni perlindungan wni sri lanka
Marcheilla Ariesta • 12 Mei 2022 19:17
Jakarta:  Kementerian Luar Negeri RI memastikan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sri Lanka dalam keadaan aman. KBRI Kolombo memastikan, tidak ada WNI terkena dampak dari kerusuhan akibat krisis ekonomi. 
 
Saat ini, tercatat 273 WNI yang berada di Sri Lanka di mana 194 merupakan pemegang izin tinggal tetap dan 79 orang merupakan pemegang visa kunjungan bisnis. 
 
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menegaskan, seluruh WNI di sana bisa dipastikan aman. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi saat ini, menurut KBRI Kolombo, tidak ada WNI yang terdampak situasi krisis Sri Lanka," kata Judha dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Namun, lanjut dia, jika memang ada WNI yang membutuhkan bantuan, KBRI Kolombo selalu siap untuk membantu. 
 
Baca juga: 7 Tewas Akibat Bentrokan, Jalanan Sri Lanka Kini Mulai Tenang
 
Lewat akun Instagram @indonesiaincolombo, KBRI Kolombo mengimbau agar WNI tak keluar rumah selama jam malam diberlakukan hingga besok. 
 
"Agar WNI mematuhi instruksi keamanan untuk tidak keluar rumah selama jam malam dan selalu waspada serta memantau perkembangan," tulis KBRI Kolombo dalam imbauan mereka.
 
KBRI juga meminta WNI sebisa mungkin menghindari kerumunan massa di Sri Lanka. 
 
Usai pengunduran diri Mahinda Rajapaksa dari kursi perdana menteri, kericuhan tetap terjadi di Sri Lanka. Massa juga menyerukan pengunduran diri dari Presiden Gotabaya Rajapaksa. 
 
Pemerintah sendiri mengerahkan puluhan ribu tentara, personel angkatan laut dan udara untuk berpatroli di jalan-jalan ibu kota Kolombo. Lebih dari 50 rumah milik para pejabat dibakar, termasuk rumah keluarga Rajapaksa, beberapa menteri, serta anggota parlemen.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif