Petugas gabungan beraktivitas di lokasi jatuhnya pesawat maskapai Yeti Airlines di Pokhara, Nepal, 15 Januari 2023. (Prakash MATHEMA / AFP)
Petugas gabungan beraktivitas di lokasi jatuhnya pesawat maskapai Yeti Airlines di Pokhara, Nepal, 15 Januari 2023. (Prakash MATHEMA / AFP)

Kecelakaan Pesawat di Pokhara Nepal Dipicu Kesalahan Teknis, Bukan Faktor Cuaca

Willy Haryono • 15 Januari 2023 18:17
Pokhara: Setidaknya 40 jenazah telah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat maskapai Yeti Airlines di Pokhara, Nepal pada Minggu, 15 Januari 2022. Otoritas penerbangan sipil Nepal mengatakan, pemicu kecelakaan pesawat ini adalah kesalahan teknis.
 
Menurut pantauan awal, api terlihat di badan pesawat saat pilot berusaha melakukan pendaratan darurat. Fakta ini membuat otoritas Nepal mengesampingkan faktor cuaca sebagai penyebab kecelakaan.
 
Saat kejadian, cuaca di sekitar lembah Pokhara tempat jatuhnya pesawat relatif cerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir dari laman India Today, pesawat yang jatuh adalah tipe ATR-72. Meski otoritas penerbangan Nepal menyebutkan adanya kesalahan teknis, penyebab pasti kecelakaan baru dapat diketahui setelah dilakukannya analisis kotak hitam.
 
Pesawat Yeti Airlines ini dilaporkan jatuh hanya 10 detik sebelum mendarat. Menurut staf menara Kontrol Lalu Lintas Udara (ATC), pilot sempat meminta izin untuk mendarat di landasan pacu bagian timur.
 
Namun selang beberapa waktu, lanjut ATC, pilot meminta izin mendarat di landasan pacu bagian barat. Izin diberikan, namun pesawat tersebut kemudian jatuh 10 detik sebelum mendarat.
 
Total ada 72 orang di dalam pesawat tersebut, termasuk empat awak. Penerbangan nahas itu sedang dalam perjalanan dari Kathmandu menuju Pokhara.
 
Media lokal melaporkan bahwa pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan pada pukul 10.33 waktu Nepal. Setidaknya 40 jenazah telah ditemukan, dan otoritas setempat meyakini sisa 32 orang lainnya juga sudah meninggal dunia.
 
Baca juga:  40 Jenazah Ditemukan di Lokasi Kecelakaan Pesawat Nepal
 
Lokasi jatuhnya pesawat adalah area hutan di tepi sungai Seti Gandaki, yang mengalir antara bandara domestik lama dan Bandara Internasional Pokhara.
 
"Sebanyak 53 warga Nepal, lima India, empat Rusia, satu Irlandia, dua Korea, satu Argentina dan satu Prancis berada di dalam pesawat tersebut," lapor otoritas bandara Nepal.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif