Helikopter jenis MI-25 milik Rusia. (AFP)
Helikopter jenis MI-25 milik Rusia. (AFP)

Azerbaijan Tak Sengaja Tembak Jatuh Helikopter Rusia

Internasional rusia konflik armenia-azerbaijan azerbaijan Armenia
Willy Haryono • 10 November 2020 06:51
Nagorno-Karabakh: Azerbaijan tak sengaja menembak jatuh sebuah helikopter militer milik Rusia di Armenia. Insiden terjadi saat pertempuran berlangsung di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh pada Senin, 9 November 2020.
 
Dilansir dari laman AFP, jatuhnya helikopter berpotensi menyeret Rusia ke dalam konflik berkepanjangan antara Azerbaijan dan Armenia.
 
Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, dua kru tewas dalam kejadian tersebut. Sebuah helikopter Mi-24 jatuh saat terkena sistem pertahanan udara Azerbaikan yang berada di area perbatasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu kru lainnya terluka dan telah dilarikan ke rumah sakit. Azerbaijan mengaku tak sengaja menembak jatuh helikopter Rusia dan segera meminta maaf.
 
"Pihak Azerbaijan meminta maaf kepada kubu Rusia terkait insiden tragis ini," ujar Kemenlu Azerbaijan dalam sebuah pernyataan resmi. Azerbaijan menegaskan tembakan sistem pertahanan itu "tidak ditujukan kepada" Moskow.
 
Pemerintah Azerbaijan mengatakan, keputusan menembak jatuh helikopter diambil karena adanya "situasi intens di kawasan" dan meningkatnya "kesiapan tempur" seluruh pasukan. Azerbaijan telah terlibat pertempuran sengit dengan separatis Armenia di Nagorno-Karabakh dalam enam pekan terakhir.
 
Helikopter Rusia ditembak jatuh Azerbaijan di dekat Republik Otonom Nakhchivan, sebuah wilayah Azerbaijan yang terletak antara Armenia dan Turki, jauh dari Nagorno-Karabakh.
 
Rusia memiliki pakta militer dengan Armenia dan juga mempunyai sebuah pangkalan militer di negara tersebut. Namun sejauh ini Rusia mengaku tidak akan terlibat dalam konflik di Nagorno-Karbakh, kecuali jika wilayah Armenia terancam.
 
Pertempuran sengit di Nagorno-Karabakh berlanjut pada Senin kemarin, dengan Azerbaijan mengklaim telah berhasil merebut kota Shusha. Armenia membantahnya, dan menegaskan pertempuran masih berlanjut di Shusha.
 
Baca:  Azerbaijan Rebut Kota Terbesar Kedua di Nagorno-Karabakh
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif