Kaisar Jepang dan permaisurinya ucapkan selamat tahun baru kepada rakyat./AFP
Kaisar Jepang dan permaisurinya ucapkan selamat tahun baru kepada rakyat./AFP

Pertama Kali Sejak 2020, Kaisar Jepang Sampaikan Salam Tahun Baru ke Publik

Marcheilla Ariesta • 02 Januari 2023 15:54
Tokyo: Kaisar Jepang Naruhito pada Senin, 2 Januari 2023, menyampaikan salam Tahun Baru. Ini salam Tahun Baru publik pertamanya sejak 2020.
 
Salam ini melanjutkan tradisi tahunan di Kerajaan Negeri Sakura itu. Salam dilakukan hati-hati karena bangsa dan keluarga kerajaan secara bertahap kembali ke normal usai pandemi covid-19.
 
Naruhito, bergabung dengan Permaisuri Masako, dijadwalkan tampil enam kali sepanjang hari di balkon istana yang tertutup kaca, untuk mengungkapkan harapannya akan kebahagiaan bagi semua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasangan itu ditemani oleh putri mereka Aiko dan orang tua Naruhito, mantan Kaisar Akihito dan mantan Permaisuri Michiko, di antara kerabat lainnya," lapor AFP.
 
Hanya sekitar 1.500 simpatisan sekaligus, yang dipilih melalui undian, yang diizinkan memasuki istana luas di ibu kota Jepang itu dalam upaya mencegah penyebaran virus korona.
 
Baca juga: Jepang Fokus Kenaikan Upah di 2023
 
Pada 2020, sebelum pandemi mulai melanda Jepang, total hampir 70.000 simpatisan datang untuk melihat pidato tahun baru Naruhito. Istana membatalkan acara pada 2021 dan 2022 untuk mencegah infeksi.
 
"Saya sangat senang bisa merayakan tahun baru bersama kalian setelah tiga tahun," katanya.
 
"Saat kita berdiri di awal tahun ini, saya berharap untuk kebahagiaan orang-orang di negara kita dan dunia," sambung dia.
 
Pasangan kerajaan itu mulai kembali tampil di depan umum pada 2022. Namun, penampilan keduanya dilakukan secara bertahap dengan protokol kesehatan ketat.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif