Paviliun Indonesia di pameran Foire Internationale de Madagascar (FIM) 2022 di Madagaskar. (Kemenlu RI)
Paviliun Indonesia di pameran Foire Internationale de Madagascar (FIM) 2022 di Madagaskar. (Kemenlu RI)

Tiga Menteri Madagaskar Kunjungi Paviliun Indonesia di Pameran FIM 2022

Willy Haryono • 21 Mei 2022 08:22
Antananarivo: Dalam rangka menjalankan diplomasi ekonomi dan kebudayaan, KBRI Antananarivo kembali berpartisipasi dalam pameran terbesar di kawasan Samudra Hindia, yaitu Foire Internationale de Madagascar (FIM) 2022 pada 19 hingga 22 Mei 2022 di Forelo Tanjombato. Sebelumnya, Indonesia juga sukses menarik perhatian di pameran FIM 2021.
 
Di pembukaan FIM 2022, tiga Menteri Madagaskar mengunjungi paviliun Indonesia. Mereka adalah Edgard Razafindrahavy, Menteri Perindustrian, Perdagangan dan Komoditas, Lalatiana Rakotondrazafy Menteri Komunikasi dan Kebudayaan, serta Marie-Orléa Vina, Menteri Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.
 
Tahun ini, paviliun Indonesia mengusung tema Bali, yang mana telah menjadi destinasi wisata impian banyak masyarakat dunia terutama Madagaskar, dengan membangun gapura khas Bali dan menggunakan banyak ornamen asli Bali. Dihadirkan juga sepasang model yang mengenakan baju adat Bali untuk menarik perhatian para pengunjung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat mengunjungi paviliun Indonesia, Menteri Komunikasi dan Kebudayaan Madagaskar sangat kagum atas keindahan gebyok Jepara. Mengingat KBRI saat ini mengusung tema Bali, ia kaget ketika mengetahui bahwa gebyok tersebut ternyata berasal dari Jepara.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Jumat, 20 Mei 2022, KBRI Antananarivo menampilkan berbagai macam jajanan pasar pada FIM kali ini,  seperti batagor, pisang goreng, nasi goreng, bihun goreng, dan lain-lain.
 
Gelaran pameran perdagangan terbesar di Samudra Hindia kali ini juga dihadiri beberapa Kementerian serta perusahaan ternama di Indonesia antara lain Kementerian Pariwisata, PT. Pindad, PT. Rodamas Inti Internasional (RII), Polygon, serta PT Konimex Pharmaceutical Laboratories yang turut mengirim sample produk dan brosur publikasi.
 
Selain itu, gelaran FIM kali ini turut menghadirkan perwakilan dari Kalbe Farma, dengan tujuan untuk semakin meningkatkan penetrasi pasar bagi perusahaan farmasi dan alkes Indonesia ke Madagaskar.
 
"Kami sangat senang atas keberhasilan penyelenggaraan FIM 2022, tujuan partisipasi pada gelaran FIM kali ini adalah untuk semakin meningkatkan neraca perdagangan antara Indonesia dan Madagaskar, selain itu juga untuk semakin meningkatkan awareness masyarakat Madagaskar terhadap produk-produk unggulan asal Indonesia," ujar Kepala Perwakilan RI di Antananarivo, Benny Yan Pieter Siahaan.
 
Baca:  Taman Persahabatan Indonesia-Madagaskar Berdiri di Ivato
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif