Sebuah kapal milik Angkatan Laut Tiongkok. (AFP)
Sebuah kapal milik Angkatan Laut Tiongkok. (AFP)

Jepang Protes Kehadiran Kapal Angkatan Laut Tiongkok di Laut China Timur

Willy Haryono • 04 Juli 2022 13:52
Tokyo: Jepang melayangkan protes kepada Tiongkok atas kehadiran kapal angkatan laut Negeri Tirai Bambu di dekat deretan pulau sengketa di Laut China Timur pada Senin, 4 Juli 2022. Deretan pulau di Laut China Timur, disebut Senkaku oleh Jepang dan Diaoyu oleh Tiongkok, merupakan pusat perseteruan antar kedua negara.
 
Otoritas Jepang secara berkala memprotes kehadiran kapal Tiongkok di Laut China Timur. Namun, menurut laporan NHK, ini kali pertamanya sejak 2018 sebuah kapal angkatan laut Tiongkok terlihat di dekat Senkaku.
 
"Hari Senin sekitar pukul 07.44 (waktu Jepang), sebuah kapal angkatan laut Tiongkok terlihat memasuki area dekat perairan Jepang," ujar pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Area dekat perairan atau contiguous water adalah area yang berlokasi sekitar 12 mil laut dari wilayah perairan suatu negara.
 
"Kami mengekspresikan kekhawatiran mendalam dan telah melayangkan protes kepada Tiongkok melalui rute diplomatik, dan mendesak mereka untuk mencegah insiden serupa terulang di masa mendatang," kata Deputi Sekretaris Kabinet Jepang Seiji Kihara.
 
"Kepulauan (Senkaku) adalah wilayah Jepang, baik dari sudut pandang sejarah maupun hukum internasional," sambung dia.
 
Secara terpisah, sebuah kapal angkatan laut Rusia juga terlihat di dekat Senkaku/Diaoyu pada Senin pagi, menurut laporan NHK, Jiji Press dan media Jepang lainnya.
 
Mei lalu, pesawat jet tempur Tiongkok dan Rusia melakukan penerbangan gabungan di dekat Jepang saat berlangsungnya pertemuan Quad -- Jepang, Amerika Serikat (AS), Australia dan India.
 
Walau pesawat Tiongkok dan Rusia tidak melanggar ruang udara, Jepang mengatakan penerbangan tersebut "provokatif" karena berlangsung di saat pertemuan Quad.
 
Beijing mengatakan penerbangan tersebut adalah bagian dari "rencana kerja sama militer tahunan" Tiongkok dan Rusia.
 
Baca:  Dua Kapal Tiongkok Kejar Perahu Jepang di Laut China Timur
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif