PM Jepang Fumio Kishida. (SAMUEL CORUM / AFP)
PM Jepang Fumio Kishida. (SAMUEL CORUM / AFP)

PM Jepang Pertimbangkan Kunjungi Ukraina untuk Bertemu Zelensky

Willy Haryono • 22 Januari 2023 17:05
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida sedang mempertimbangkan untuk mengunjungi Ukraina pada Februari mendatang untuk berdiskusi dengan Presiden Volodomyr Zelensky, menurut laporan surat kabar Yomiuri Shimbun yang mengutip sumber-sumber pemerintah Jepang, Minggu, 22 Januari 2023.
 
Sebagai ketua Group of Seven (G7) tahun ini, Jepang ingin menunjukkan niatnya untuk terus memberikan dukungan kepada Ukraina. Nantinya, masih dari laporan Yomiuri, PM Kishida berencana mengeluarkan pernyataan gabungan dengan Ukraina dalam mengutuk agresi Rusia.
 
"PM Kishida akan membuat keputusan akhir tentang apakah akan melanjutkan rencana kunjungan ini berdasarkan situasi perang di Ukraina," lapor Yomiuri, mengutip beberapa sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Luar Negeri Jepang belum berkomentar mengenai wacana kunjungan ke Ukraina tersebut.
 
Berbicara di sebuah program televisi pada hari Minggu, Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Seiji Kihara mengatakan bahwa wacana tersebut adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan Jepang sebagai ketua G7 tahun ini.
 
"Tapi belum ada yang diputuskan hingga tahap ini," kata Kihara, saat ditanya mengenai kemungkinan lawatan Kishida ke Kyiv.
 
Awal bulan ini, PM Kishida mengatakan kepada Zelensky melalui panggilan telepon bahwa dirinya akan mempertimbangkan kunjungan ke Kyiv, namun masih tergantung pada "berbagai situasi dan kondisi."
 
Jepang akan menjadi tuan rumah KTT G7 tahunan pada Mei mendatang di Hiroshima, dan isu Ukraina diyakini akan menjadi salah satu topik diskusi utama. Negara-negara G7 lainnya adalah Amerika Serikat (AS), Kanada, Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia.
 
Baca juga:  PM Fumio Kishida Bertekad Perkuat Kapabilitas Militer Jepang
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif