Seorang bocah menjual sekop di tengah cuaca dingin di Mazar-i-Sharif, Afghanistan, 11 Januari 2023. (Atif ARYAN / AFP)
Seorang bocah menjual sekop di tengah cuaca dingin di Mazar-i-Sharif, Afghanistan, 11 Januari 2023. (Atif ARYAN / AFP)

Populer Internasional: Dingin Ekstrem di Afghanistan hingga Penembakan Monterey Park

Willy Haryono • 23 Januari 2023 09:01
Nimruz: Sebanyak 32 orang tewas dan lebih dari 6.668 hewan ternak mati akibat cuaca dingin ekstrem di provinsi Nimruz, Afghanistan.
 
Kabar mengenaskan tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Senin, 23 Januari 2023.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim yang mengecam pembakaran Al-Qur'an di Swedia dan penembakan massal di Monterey Park dekat Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya:

32 Orang Tewas akibat Cuaca Dingin Ekstrem di Nimruz Afghanistan

Salim Sadar, seorang warga dari ibu kota Zaranj, mengatakan kepada saluran televisi Amu TV bahwa cuaca dingin "yang belum pernah terjadi sebelumnya ini" secara mengejutkan telah menelan banyak korban jiwa.
 
Menurutnya, temperatur dingin berimbas buruk kepada masyarakat Afghanistan yang sudah mengalami kesulitan ekonomi sejak kelompok Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021.
 
Banyak warga Afghanistan yang memilih pergi ke luar negeri untuk mencari pekerjaan serta kehidupan layak.
 
Apa lagi yang disampaikan Salim Sadar mengenai situasi di negaranya? Cek selengkapnya di sini.

PM Malaysia Kutuk Tindakan Pembakaran Al-Qur'an di Swedia

PM Anwar mengutuk keras tindakan Islamofobia dari politikus kontroversial Rasmus Paludan. Paludan membakar salinan Al-Qur’an di Stockholm, Swedia pada 21 Januari lalu.
 
Anwar mengatakan pemerintah Malaysia mendesak pemerintah Swedia mengambil tindakan terhadap aksi keji ini, serta memastikan langkah-langkah drastis di masa depan untuk mengatasi kebangkitan Islamofobia yang mengkhawatirkan di Swedia.
 
"Kekotoran terang-terangan (terhadap) kitab suci Islam oleh politisi Swedia dan kelambanannya (pemerintah Swedia menindaknya) sama saja dengan memicu Islamofobia, dan merupakan provokasi serius terhadap sensitivitas bukan hanya Turki tetapi lebih dari dua miliar Muslim di dunia," tegas Anwar.
 
Apa lagi yang disampaikan PM Anwar terkait hal ini? Cek selengkapnya di sini.

Korban Penembakan Massal di Monterey Park Jadi 10 Orang, Polisi Buru Tersangka

Seorang pria bersenjata menewaskan 10 orang dan melukai 10 lainnya di sebuah klub dansa di Monterey Park dekat Los Angeles, Amerika Serikat (AS), usai perayaan Tahun Baru Imlek pada Sabtu malam, ucap kepolisian setempat. Polisi langsung melakukan perburuan terhadap tersangka, yang masih buron hingga Minggu pagi waktu setempat.
 
Meski penyelidikan awal menunjukkan tersangka adalah pria keturunan Asia, Sheriff Los Angeles County Robert Luna mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa para penyintas memberikan deskripsi berbeda tentang penyerang dalam wawancara awal mereka dengan pihak berwenang.
 
Luna mengatakan penyelidikan menunjukkan bahwa tersangka masuk ke ruang dansa di kota Monterey Park dan mulai menembak, sebelum kemudian senjata apinya direbut sejumlah pengunjung.
 
Apa lagi detail dari peristiwa penembakan massal di Monterey Park ini? Cek selengkapnya di sini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif