PM Jepang Fumio Kishida berbicara di Tokyo dalam konferensi pers usai keluarnya hasil pemilu majelis tinggi, Senin, 11 Juli 2022. (Rodrigo Reyes Marin / POOL / AFP)
PM Jepang Fumio Kishida berbicara di Tokyo dalam konferensi pers usai keluarnya hasil pemilu majelis tinggi, Senin, 11 Juli 2022. (Rodrigo Reyes Marin / POOL / AFP)

Partai LDP Jepang Raih Kemenangan Besar dalam Pemilu Majelis Tinggi

Willy Haryono • 12 Juli 2022 09:04
Tokyo: Partai Demokratik Liberal (LDP) meraih kemenangan besar dalam pemilihan umum majelis tinggi Jepang yang digelar pada Minggu kemarin. Perhatian kini terfokus kepada apakah Perdana Menteri Fumio Kishida mampu mendorong kebijakan-kebijakannya sendiri di bawah bayang-bayang mantan PM Shinzo Abe yang tewas dalam penembakan pekan kemarin.
 
Menurut laporan media lokal, dikutip dari Asia Today pada Selasa, 12 Juli 2022, LDP meraih 63 kursi di majelis tinggi Jepang. Ini merupakan kemenangan telak karena raihan LDP melebihi separuh dari 125 kursi yang diperebutkan, termasuk 13 yang didapat mitra koalisi junior LDP, Komeito.
 
LDP telah mengamankan sebuah koalisi dengan total 146 kursi dari total 248 di majelis tinggi, jauh melampaui mayoritas. Jumlah kursi ini menciptakan dasar yang stabil bagi pemerintahan PM Kishida dalam meloloskan berbagai kebijakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah pengamat politik di Jepang meyakini bahwa kemenangan ini telah memberikan PM Kishida sebuah kesempatan untuk memperkuat posisinya di internal LDP.
 
Kematian mendadak Abe, yang masih memiliki pengaruh kuat di LDP meski sudah mengundurkan diri akibat masalah kesehatan, telah berubah menjadi sebuah kesempatan bagi PM Kishida untuk mengekspresikan warna politik miliknya.
 
PM Kishida diyakini akan menjalani periode mulus tanpa guncangan berarti selama tiga tahun ke depan menjelang pemilu berikutnya. Periode seperti ini biasa disebut di Jepang sebagai "tiga tahun emas," di saat koalisi berkuasa memiliki mayoritas di majelis rendah dan tinggi.
 
Politik Jepang kini tertarik mengenai kapan dan bagaimana PM Kishida akan menunjuk kabinet dan anggota partai. Terkait hal ini, Kyodo News melaporkan bahwa PM Kishida mungkin akan melakukan perombakan kabinet dan partai pada September mendatang.
 
Baca:  Koalisi Berkuasa Jepang Diproyeksikan Menang dalam Pemilu Pascapenembakan Abe
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif