Jet tempur Tiongkok lakukan latihan militer sejak 5 Agustus 2022. Foto: AFP
Jet tempur Tiongkok lakukan latihan militer sejak 5 Agustus 2022. Foto: AFP

Tiongkok Lanjutkan Latihan Militer di Sekitar Taiwan

Fajar Nugraha • 08 Agustus 2022 14:24
Beijing: Tiongkok melanjutkan latihan militer baru di sekitar Taiwan pada Senin 8 Agustus 2022. Keputusan itu menentang seruan untuk mengakhiri latihan terbesarnya yang mengelilingi pulau demokratis itu.
 
Latihan menembak langsung dimulai Kamis, sehari setelah kunjungan kontroversial ke pulau itu oleh Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi.
 
Baca: Tiongkok Umumkan Latihan Militer Terbaru dengan Amunisi Sungguhan.

Latihan-latihan itu diperkirakan akan berakhir pada Minggu, tetapi baik Beijing maupun Taipei tidak mengkonfirmasi kesimpulan mereka.
 
“Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (RRT) terus melakukan latihan dan pelatihan bersama praktis di laut dan wilayah udara di sekitar pulau Taiwan, dengan fokus pada pengorganisasian operasi anti-kapal selam dan serangan laut bersama,” kata Komando Timur Militer Tiongkok dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Senin 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beijing telah mengerahkan jet tempur, kapal perang, dan rudal balistik dalam apa yang oleh para analis digambarkan sebagai praktik untuk blokade dan invasi terakhir ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu - yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya.
 
Kementerian Transportasi Taiwan Minggu mengatakan enam dari tujuh "zona bahaya sementara" Tiongkok telah memperingatkan maskapai penerbangan untuk menghindari berhenti berlaku pada Minggu siang. Peringatan ini menandakan penarikan sebagian dari latihan.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif