Korut luncurkan kembali rudal balistik/AFP
Korut luncurkan kembali rudal balistik/AFP

Korsel Buka Pameran Senjata, Korut Luncurkan Rudal

Internasional korea utara korea selatan Rudal Balistik Korea Utara
Marcheilla Ariesta • 19 Oktober 2021 10:58
Seoul: Pejabat Korea Selatan (Korsel) mengatakan, Korea Utara (Korut) setidaknya menembakkan satu rudal balistik di lepas pantai timur hari ini, Selasa, 19 Oktober 2021. Rudal ditembakkan saat Seoul membuka pameran senjata besar.
 
Peluncuran tersebut menjadi uji coba senjata terbaru Pyongyang. Negara ini terus mengembangkan militer mereka dalam menghadapi sanksi internasional yang dikenakan atas program nuklir dan misilnya.
 
Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) dalam pernyataannya mengatakan satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10.17 waktu setempat dari Sinpo. Lokasi itu menjadi tempat Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik (SLBM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korut juga dilaporkan meluncurkan rudal jenis lain dari daerah itu.
 
"Militer kami memantau dengan cermat situasi dan mempertahankan postur kesiapan dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS) untuk mempersiapkan kemungkinan peluncuran tambahan," kata JCS dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP.
 
Baca juga: Korut Kecam Pertemuan DK PBB yang Bahas Rudal Balistik
 
Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, dua rudal balistik telah terdeteksi. Ia menyayangkan Pyongyang melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir.
 
Peluncuran itu dilakukan saat para kepala intelijen AS, Korsel, dan Jepang akan bertemu di Seoul untuk membahas kebuntuan dengan Korut. Selain itu, perwakilan dari ratusan perusahaan dan militer internasional berkumpul di Seoul untuk upacara pembukaan Pameran Dirgantara dan Pertahanan Internasional (ADEX).
 
ADEX menjadi pameran pertahanan terbesar Korea Selatan yang pernah ada. Pameran ini menampilkan pesawat tempur generasi berikutnya, helikopter serang, drone, dan senjata canggih lainnya. Selain itu, dipamerkan pula roket ruang angkasa.
 
Saat ini Seoul dilaporkan sedang bersiap untuk menguji coba peluncuran luar angkasa pertama mereka. Peluncuran akan dilakukan Kamis besok.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif