Jubir Kemenlu Tiongkok Wang Wenbin./AFP
Jubir Kemenlu Tiongkok Wang Wenbin./AFP

Tiongkok dan Kepulauan Solomon Resmi Tandatangani Pakta Keamanan Bilateral

Internasional Tiongkok pasifik Kepulauan Solomon Asia Pasifik
Marcheilla Ariesta • 20 April 2022 10:15
Beijing: Tiongkok dan Kepulauan Solomon akhirnya menandatangani pakta keamanan bilateral. Pakta ini untuk membantu negara Pasifik Selatan itu meningkatkan kapasitasnya dalam menjaga ketertiban sosial dan melindungi keselamatan jiwa dan harta benda.
 
"Kesepakatan ini bertujuan untuk mempromosikan stabilitas sosial dan ketenangan jangka panjang di Kepulauan Solomon. Pakta ini tidak menargetkan pihak ketiga manapun," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, dikutip dari Caixing Global, Rabu, 20 April 2022.
 
Meski demikian, kedua negara belum merilis teks akhir dari kesepakatan keamanan setelah draft bocor secara online akhir bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2019, Kepulauan Solomon memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan mengalihkan pengakuan ke Tiongkok. Namun, pada November tahun lalu, wilayah Pecinan di ibu kota Kepulauan Solomon, Honiara, dibakar selama tiga hari kerusuhan anti-pemerintah.
 
Baca juga: Tiongkok Mengaku Sudah Tandatangani Pakta Keamanan dengan Kepulauan Solomon
 
Sementara itu, delegasi Amerika Serikat (AS) mengunjungi negara kepulauan itu minggu ini. Kunjungan dipimpin oleh Kurt Campbell, koordinator Dewan Keamanan Nasional Presiden AS Joe Biden untuk Indo-Pasifik, dan Daniel Kritenbrink, asisten menteri luar negeri untuk urusan Asia Timur dan Pasifik.
 
AS, Australia dan Selandia Baru menyatakan keprihatinan atas pakta keamanan antara Negeri Tirai Bambu dan Kepulauan Solomon. Mereka menuduhnya dapat mengarah ke pangkalan militer Tiongkok di Kepulauan Solomon. 
 
Delegasi AS akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah dalam kunjungan tersebut. "Kami memastikan kemitraan kami memberikan kemakmuran, keamanan dan perdamaian di Kepulauan Pasifik dan Indo-Pasifik," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif