Wapres AS Kamala Harris saat tiba di Fussa, Jepang, 26 September 2022. (LEAH MILLIS / POOL / AFP)
Wapres AS Kamala Harris saat tiba di Fussa, Jepang, 26 September 2022. (LEAH MILLIS / POOL / AFP)

Wapres AS Akan Kunjungi DMZ di Tengah Kekhawatiran Uji Coba Nuklir Korut

Marcheilla Ariesta • 27 September 2022 14:02
Seoul: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan mengunjungi zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea. Kunjungan akan dilakukan Kamis mendatang dalam upaya menunjukkan komitmen Negeri Paman Sam terhadap keamanan Korea Selatan (Korsel).
 
Kunjungan tersebut terjadi beberapa hari setelah Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik ke laut. Tak hanya itu, muncul kekhawatiran kemungkinan uji coba nuklir karena upaya pemerintahan Presiden AS Joe Biden dalam menjangkau pemimpin Korut Kim Jong-un tak membuahkan hasil.
 
Kunjungan Harris dikonfirmasi secara terbuka oleh Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo selama pertemuan di Tokyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harris berada Jepang dalam memimpin delegasi ke prosesi pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe hari ini, Selasa, 27 September 2022.
 
"Hampir 70 tahun sejak Gencatan Senjata Korea, kunjungan (Kamala Harris) akan menggarisbawahi kekuatan dari aliansi antara Seoul dan Washington dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara," kata pejabat AS.
 
Harris akan mengunjungi DMZ, bertemu dengan anggota layanan, menerima pengarahan operasional dari komandan AS, mengenang pengorbanan tentara AS dan Korea Selatan, serta menekankan kembali "komitmen kuat" Washington terhadap Seoul.
 
"Kunjungan Anda ke DMZ dan Seoul akan menjadi demonstrasi simbolis dari komitmen kuat terhadap keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea," ucap Han.
 
DMZ sering digambarkan sebagai perbatasan Perang Dingin terakhir di dunia, yang telah ada sejak Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata.
 
Mengenai program rudal dan nuklirnya, selama ini Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya berhak mempertahankan kedaulatan dan keamanan negara.
 
Baca:  Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jelang Kunjungan Wapres AS Kamala Harris

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif