NEWSTICKER
Bendera AS dan Tiongkok berkibar di depan sebuah gedung perkantoran di Beijing, 18 Januari 2020. (Foto: AFP/WANG ZHAO)
Bendera AS dan Tiongkok berkibar di depan sebuah gedung perkantoran di Beijing, 18 Januari 2020. (Foto: AFP/WANG ZHAO)

Tiongkok akan Usir Jurnalis AS dari Tiga Media Besar

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 18 Maret 2020 12:04
Beijing: Tiongkok mengumumkan rencana pengusiran jurnalis Amerika Serikat yang bekerja untuk tiga media besar AS: The New York Times, The Washington Post, dan The Wall Street Journal. Pengusiran terkait perselisihan AS dan Tiongkok mengenai pandemi virus korona covid-19.
 
Beijing merasa geram karena AS selama ini cenderung menyalahkan Tiongkok atas kemunculan covid-19. Ketegangan semakin parah usai Presiden AS Donald Trump menuliskan covid-19 sebagai "Virus Tiongkok" di media sosial Twitter.
 
Dikutip dari AFP, pemerintah Tiongkok mengatakan, pengusiran ini merupakan balasan atas keputusan Washington memangkas jumlah warga Negeri Tirai Bambu yang bekerja untuk media nasional Beijing di tanah Amerika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini merupakan langkah pembelaan diri yang sah dan dibenarkan," ujar pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Tiongkok terkait pengusiran jurnalis AS, Rabu 18 Maret 2020.
 
Jurnalis dari tiga surat kabar AS itu diminta segera menyerahkan kredensial mereka ke Pemerintah Tiongkok dalam kurun waktu 10 hari. Mereka semua juga dilarang untuk bekerja mewakili media masing-masing di kota semi-otonom Hong Kong dan juga Makau.
 
Tidak hanya itu, Tiongkok juga memerintahkan media-media AS -- termasuk Voice of America dan Time -- untuk menuliskan semua nama-nama staf, data keuangan dan operasional yang ada di Negeri Tirai Bambu.
 
"Langkah ini adalah sesuatu yang penting dan merupakan sebuah aksi timbal balik," tegas Kemenlu Tiongkok.
 
Bulan lalu, AS memicu kemarahan Tiongkok usai menyebut media nasional Beijing sebagai misi asing. Tiongkok langsung membalas tindakan itu dengan mengusir tiga reporter WJS -- dua warga AS dan satu Australia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif