Australia telah menutup perbatasan mereka secara ketat sejak awal pandemi Covid-19 di tahun 2020. (AFP)
Australia telah menutup perbatasan mereka secara ketat sejak awal pandemi Covid-19 di tahun 2020. (AFP)

Australia Cabut Aturan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelancong Internasional

Willy Haryono • 03 Juli 2022 18:02
Canberra: Pelancong internasional yang tiba di Australia tidak perlu lagi memperlihatkan bukti vaksinasi Covid-19 mulai Rabu, 6 Juli mendatang. Pencabutan ini menandai akhir dari salah satu pembatasan signifikan yang diberlakukan Australia di pintu masuk mereka sejak dua tahun lalu.
 
Saat ini, siapa pun yang datang di Australia harus mendeklarasikan status vaksinasi mereka.
 
Walau warga Australia bisa pulang ke negaranya tanpa perlu memperlihatkan status vaksinasi, sebagian besar pelancong internasional harus melakukannya dengan beberapa pengecualian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari rnz.co.nz, Minggu, 3 Juli 2022, aturan vaksinasi Covid-19 untuk pelancong asing akan dicabut pada Rabu dini hari pukul 00.01 waktu Australia. Pencabutan ini otomatis membuka perbatasan Australia sepenuhnya untuk semua pelancong.
 
Menteri Kesehatan Federal Australia Mark Butler mengatakan bahwa keputusan pencabutan ini diambil berdasarkan saran medis.
 
"Kepala Pejabat Medis menyarankan bahwa mendeklarasikan status vaksin di kalangan pelancong sudah tidak lagi diperlukan," ujar Butler.
 
"Warga Australia yang belum divaksinasi, begitu juga dengan beberapa grup pemegang visa, kini bisa bepergian ke Australia. Kami akan terus mengambil tindakan berdasarkan saran medis," sambungnya.
 
Meski mencabut aturan vaksinasi, semua pelancong yang tiba di Australia harus tetap menjalani protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker selama perjalanan menuju Australia.
 
Baca:  Selandia Baru akan Dibuka Penuh pada Agustus Mendatang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif