Salah satu obat yang mengandung Chloroquine Phosphate untuk pasien covid-19. Foto: AFP
Salah satu obat yang mengandung Chloroquine Phosphate untuk pasien covid-19. Foto: AFP

India Kirim Bahan Baku Obat Pasien Covid-19 ke Indonesia

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 10 April 2020 18:15
Jakarta: India sebelumnya dikecam Amerika Serikat (AS) karena membatasi ekspor 24 bahan-bahan farmasi dan obat-obatan. Bahan-bahan itu khususnya untuk membuat obat bagi pasien virus korona covid-19.
 
Baca: India Cabut Pembatasan Ekspor Bahan Farmasi di Tengah Wabah Korona.
 
Setelah keran ekspor dibuka, India pun telah mengekspor bahan-bahan untuk membuat obat pasien covid-19. Bahan itu termasuk untuk membuat Chloroquine Phosphate.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Laboratorium Ipca, India mengekspor API Chloroquine Phosphate - 425 kilogram untuk Dexa Medica dan 2.000 kilogram untuk Kimia Farma,” pernyataan Kedubes India di Jakarta, yang diterima Medcom.id, Jumat, 10 April 2020.
 
“Dari jumlah tersebut, 1.000 kilogram dikirim dalam penerbangan khusus Garuda, yang mencapai Indonesia kemarin. Ini akan digunakan untuk pembuatan Chloroquine Phosphate lokal untuk pengobatan pasien covid-19 di Indonesia,” imbuh pernyataan itu.
 
Sementara secara terpisah Mylan, sebuah perusahaan farmasi India mengekspor 50 kilogram API Oseltamavir untuk PT Indofarma dengan penerbangan Garuda Khusus yang tiba di Indonesia kemarin. API ini yang akan digunakan dalam pembuatan Oseltamavir 75mg lokal juga untuk pengobatan bagi pasien covid-19.
 
Jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 3.512. Korban meninggal tercatat di angka 306 orang, sementara pasien yang berhasil sembuh mencapai 282 orang.
 
Sedangkan kasus covid-19 di India mencapai 6.771 yang dinyatakan positif. Adapun korban meninggal mencapai 228 orang dan yang sembuh berada di angka 635 orang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif